BPOM Gandeng Negara OKI Kembangkan Vaksin Covid-19

    Media Indonesia - 07 September 2020 06:04 WIB
    BPOM Gandeng Negara OKI Kembangkan Vaksin Covid-19
    Ilustrasi: Medcom.id
    Jakarta: Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menilai perlu adanya kolaborasi pengembangan vaksin covid-19 di negara-negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI). Pasalnya, kemandirian dan akses terhadap obat dan vaksin menjadi isu yang amat penting.

    "(Kerja sama) sebagai langkah strategis terhadap upaya penanganan pandemi covid-19 secara global juga sebagai langkah nyata dalam mempercepat implementasi Jakarta Deklarasi dan Rencana Aksi NMRAs (national medicines regulatory authorities) OKI,” kata Kepala BPOM Penny K Lukito dalam pernyataan tertulis, Minggu, 6 September 2020.

    Menurut dia, dalam kerangka kerja sama dengan OKI, Indonesia melalui BPOM telah membantu peningkatan kapasitas regulator di negara OKI dalam pengawasan obat dan makanan, meningkatkan ketersediaan obat dan vaksin, serta mendukung kemandirian produksi negara anggota OKI yang membutuhkan. Salah satunya melalui program kerja sama selatan-selatan dan triangular dalam bentuk sharing knowledge and experience di bidang obat dan vaksin.

    Baca: BPOM: Obat Covid-19 Unair Punya Efek Samping

    Penny menjelaskan posisi Indonesia sebagai center of excellence (CoE) di bidang vaksin dan produk biologi di OKI memiliki peran penting mendorong kerja sama strategis. Hal ini khususnya untuk mendukung ketersediaan dan kemandirian dalam pemenuhan kebutuhan obat dan vaksin yang aman, bermutu, berkhasiat, dan terjangkau bagi negara anggota OKI.

    BPOM telah mengadakan pertemuan koordinasi dengan Tim Sekretariat OKI berupa penjajakan kolaborasi dan kerja sama obat dan vaksin. Koordinasi ini menyepakati terlaksananya pertemuan teknis NMRAs dan industri obat dan vaksin negara OKI dalam bentuk workshop virtual dengan agenda pertukaran informasi dan pengalaman terkait kerja sama pengembangan obat dan vaksin sekaligus pengalaman dalam menghadapi pandemi covid-19. (Atikah Ishmah Winahyu)

    (OGI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id