Jokowi Perintahkan Kembali Tutup Wilayah jika Covid-19 Meningkat

    Nur Azizah - 30 Juni 2020 15:42 WIB
    Jokowi Perintahkan Kembali Tutup Wilayah jika Covid-19 Meningkat
    Presiden Joko Widodo saat memberikan pengarahan kepada para menterinya dalam Sidang Kabinet Paripurna, Kamis, 18 Juni 2020. Youtube Sekretariat Presiden
    Jakarta: Presiden Joko Widodo mengintruksikan pimpinan daerah menutup kembali wilayahnya bila kasus covid-19 kembali naik. Kebijakan yang diambil harus mengacu pada data sains.

    "Kalau memang keadaannya naik, ya tutup lagi. Harus berani putuskan seperti itu. Tidak bisa lagi kita sekali lagi memutuskan sebuah kebijakan tanpa dilihat yang namanya data sains dan masukan dari para pakar," kata Jokowi di Semarang, Jawa Tengah, Selasa, 30 Juni 2020.

    Di sisi lain, dia mengingatkan kepala daerah tidak terburu-buru menerapkan kenormalan baru (new normal). Setiap kepala daerah perlu mempertimbangkan risiko penyebaran dan laju pertumbuhan.

    "Tak usah tergesa-gesa karena yang kita hadapi dua, kesehatan dan ekonomi yang semuanya harus berjalan baik. Kalau prioritas sudah ditentukan, jangan lupa setiap hari, setiap minggu, setiap dua minggu, dimonitor dan dievaluasi," kata dia.

    Baca: Pasien Korona Sembuh di DKI Bertambah Signifikan

    Kepala Negara tak masalah jika sektor Industri memungkinkan untuk dibuka kembali. Namun, kapasitas pekerjanya harus dibatasi.

    "Begitu juga dengan sektor pariwisata. Tetapi juga mungkin masih dibatasi. Kalau kapasitas biasa 1.000, ya 500 dulu," kata dia.



    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id