Mitigasi Penularan Virus Korona Perlu Kolektif

    Zaenal Arifin - 16 Maret 2020 23:41 WIB
    Mitigasi Penularan Virus Korona Perlu Kolektif
    Kepala BNPB Doni Monardo. ANTARA/Indrianto Eko
    Jakarta: Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Korona mengeluarkan sejumlah imbauan mitigasi wabah virus korona (covid-19). Mitigasi ini perlu dilakukan kolektif untuk mengurangi penularan virus.

    Warga bisa berpartisipasi dengan menjaga kesehatan lewat cara sederhana. Misalnya, menjemur kasur, bantal, dan karpet saat cuaca terik. Warga juga harus saling mengingatkan satu sama lain.

    "Mitigasi seperti ini akan sangat membantu, termasuk juga kesadaran kolektif harus juga dibangun," kata Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virua Korona Doni Monardo di Graha BNPB, Jakarta, Senin, 16 Maret 2020.

    Persatuan Perawat Dukung Keterbukaan Data Pasien Korona
    Grafis Medcom.id

    Penanggulangan risiko penularan di tempat umum perlu dilakukan pengelola usaha. Mulai dari angkutan massal hingga fasilitas publik.

    "Bus-bus umum dan fasilitas publik lainnya harus dijaga kebersihannya, harus dijaga jarak antara orang per orang di dalam kendaraan," kata Doni.

    Dia menganjurkan agar semua tempat umum seperti, halte, dan stasiun kereta api, menyediakan satu petugas khusus. Petugas mengatur agar tidak ada penumpukan orang di tempat tersebut.

    Petugas ini juga harus memastikan jarak antrean antarpenumpang tidak terlalu dekat. Langkah menjaga jarak sosial (social distancing) ini dapat menurunkan resiko penularan virus korona.

     



    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id