Jokowi: Pembangunan Pelabuhan Harus Miliki Strategi Besar

    Nur Azizah - 22 September 2020 10:29 WIB
    Jokowi: Pembangunan Pelabuhan Harus Miliki Strategi Besar
    Ilustrasi. Dok. MI
    Jakarta: Presiden Joko Widodo menekankan pembangunan pelabuhan harus memiliki strategi besar dalam meningkatkan perekonomian. Arah pengembangan pelabuhan-pelabuhan utama pun harus jelas.

    "Saya ingin mengingatkan agar strategi besar dan arah pengembangan pelabuhan-pelabuhan utama yang kita miliki, termasuk Patimban, Tanjung Priok, dan 28 Pelabuhan utama lainnya betul-betul terkonsolidasi," kata Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa, 22 September 2020.

    Pria kelahiran Solo ini menyampaikan pelabuhan-pelabuhan di Indonesia harus saling melengkapi. Dengan begitu, upaya mempercepat pertumbuhan sentra ekonomi regional akan tercapai.

    "Selain itu, kita bisa semakin cepat memberikan pelayanan di bidang logistik, membuat produk-produk ekspor semakin efisien dan kompetitif," ujarnya.

    Baca: Jokowi Wanti-wanti Nasib Nelayan Sekitar Pelabuhan Patimban Diperhatikan

    Dalam waktu dekat, pembangunan Pelabuhan Patimban yang berskala internasional akan rampung. Pelabuhan yang terletak di Subang, Jawa Barat, ini akan menjadi pelabuhan terbesar kedua setelah Tanjung Priok.

    Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan proyek pembangunan tahap I Pelabuhan Patimban sudah lebih dari 90 persen. Berdasarkan jadwal, pembangunan pelabuhan ini akan selesai pada Oktober 2020 dan bisa dilakukan soft launching pada November 2020.

    Pelabuhan Patimban akan melayani jenis muatan peti kemas dan kendaraan bermotor (car terminal) yang diangkut menggunakan kapal-kapal berukuran besar. Car terminal ini memiliki kapasitas tampung hingga 600 ribu kendaraan per tahun pada kondisi ultimate atau sudah selesai seluruhnya.

    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id