Masyarakat Diimbau Tetap Salat Id di Rumah

    Anggi Tondi Martaon - 23 Mei 2020 14:37 WIB
    Masyarakat Diimbau Tetap Salat Id di Rumah
    Ilustrasi. Medcom.id
    Jakarta: Masyarakat diimbau tetap menyelenggarakan Salat Id di rumah. Imbauan ini juga berlaku juga masyarakat di kawasan zona hijau terkait penyebaran virus korona (covid-19).

    "Jadi hendaknya kita, berjaga-jaga dulu saja deh. Lebih baik kita mengantisipasi daripada mengobati," kata Anggota Komisi IX DPR Sri Wulan kepada Medcom.id, Sabtu, 23 Mei 2020.

    Politikus Partai NasDem itu meminta masyarakat bijak menyikapi kondisi saat ini. Status wilayah dianggap bukan jaminan daerah tersebut bebas dari covid-19.

    "Kalau saya tidak melihat itu zona hijau kemudian boleh (Salat Idulfitri di masjid) atau zona merah tidak boleh, tidak seperti itu. Karena zona hijau itu belum tentu mereka clean (bebas dari virus korona)," ungkap dia.

    Penilaian tersebut berdasarkan pemantauan yang kurang maksimal. Sebab, laporan di beberapa tempat masih simpang siur.

    "Kemarin waktu turun ke lapangan yang langsung di daerah ternyata terindikasi tapi belum tersampaikan ke dinas. Jadi pemda merasa itu masih zona hijau. Padahal di bawah itu tidak," ujar dia.

    Dia menilai validasi data penetapan status wilayah belum terkoordinasi dengan baik. Dia tak ingin hal ini justru menjadi potensi penyebaran virus korona.

    "Bukanya saya tidak percaya kerja teman-teman di bawah, tapi ini mungkin sinkornisasi dan koordinasi yang belum. Mungkin terlambat informasinya atau apa. Jadi jangan sampai keterlambatan itu menjadi masalah luar biasa dan ketidaktahuan masyarakat nanti jadinya mereka terdampak," ujar dia.

    Baca: Masyarakat Diminta Jangan Memaksakan Salat Id di Masjid

    Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan Fatwa Nomor 28 Tahun 2020 tentang Panduan Kaifiat Takbir dan Salat Idulfitri saat Pandemi Covid-19. Umat Islam diperbolehkan menyelenggarakan salat Idulfitri secara berjemaah di tanah lapang, masjid, musala, atau tempat lainnya. Namun, ketentuan ini hanya berlaku bila kawasan tersebut sudah terkendali dari korona pada 1 Syawal 1441 Hijriah.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id