Jokowi Ingin Ibu Kota Baru Jadi Hadiah untuk Dunia

    Damar Iradat - 06 November 2019 16:02 WIB
    Jokowi Ingin Ibu Kota Baru Jadi Hadiah untuk Dunia
    Presiden Jokowi di pembukaan Indonesia Infrastructure Week di JIExpo, Jakarta, Rabu, 6 November 2019. Foto: Medcom.id/Damar Iradat
    Jakarta: Presiden Joko Widodo bermimpi ibu kota baru di Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, bisa mengalahkan Dubai, Uni Emirat Arab, sebagai ibu kota terbaik. Ibu kota baru Indonesia bakal menjadi hadiah untuk dunia.  

    "Kita memang mimpinya harus tinggi. Jika Dubai, the happiest city on the earth, ibu kota baru the best on earth, yang cleanest city, the most innovative city, dan yang lainnya," kata Jokowi di pembukaan Indonesia Infrastructure Week di JIExpo, Jakarta, Rabu, 6 November 2019.

    Menurut dia, pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur bukan sekadar merelokasi kantor pemerintahan atau Istana Kepresidenan. Namun, pemindahan ibu kota harus diiringi perubahan sistem.

    Selain itu, pemindahan ibu kota harus dibarengi pergeseran budaya kerja dan pola pikir. Dengan begitu, ibu kota baru bukan hanya sekadar simbol negara. "Kita ingin membuat kota yang memberi contoh dan bisa menjawab permasalahan dunia."

    Kepala Negara memilih sebagian kawasan Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kertanegara menjadi lokasi ibu kota baru. Wilayah ini dianggap minim risiko bencana, seperti banjir, gempa, tsunami, kebakaran hutan, gunung berapi, dan tanah longsor.

    Selain itu, wilayah ini dianggap strategis karena berada di tengah Indonesia. Kawasan ini juga diapit perkotaan yang sedang berkembang, Balikpapan dan Samarinda. Sejumlah infrastruktur pendukung pun tersedia di wilayah tersebut.





    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id