Istana Pantau Capaian Program Kementerian

    Media Indonesia - 30 Januari 2020 07:51 WIB
    Istana Pantau Capaian Program Kementerian
    Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Foto: MI/Ramdani
    Jakarta: Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Fadjroel Rachman mengungkapkan sejatinya pemerintah tidak mendesain program kerja 100 hari. Meski begitu, tetap ada prioritas-prioritas kebijakan yang pergerakannya terus dipantau.

    Seperti di sektor infrastruktur, Fadjroel menyebut Presiden Joko Widodo mengapresiasi kinerja Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Instansi di bawah komando Menteri Basuki Hadimuljono sudah menandatangani 1.300 kontrak kerja sama proyek nasional di 2020. Artinya, proses lelang sudah selesai sehingga pembangunan fisik bisa segera dilakukan.

    "Dalam beberapa ratas (rapat terbatas), beliau (Jokowi) selalu menekankan hendaknya semua kegiatan terutama yang terkait dengan tender itu bisa selesai pada bulan-bulan awal sehingga proses pembangunan dapat dilaksanakan segera," ujar Fadjroel di Jakarta, Rabu, 29 Januari 2020.

    Fadjroel pun menanggapi jajak pendapat News Research Center Media Group News yang menyebutkan lima kementerian yang mendapatkan nilai tinggi yakni di atas 7 pada 100 hari pertama pemerintahan. Mereka ialah Kementerian Luar Negeri (Kemlu) dengan angka 7,5, Kementerian Keuangan 7,35, Kementerian PUPR 7,35, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) 7,17, serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memperoleh nilai 7.

    Fadjroel menyebutkan Kemlu dianggap cekatan. Kemlu juga tegas dalam menangani persoalan yang berkaitan dengan kedaulatan negara.

    "Kami harus tekankan juga terkait Natuna. Ini yang sudah kami selesaikan. Tentang kedaulatan dan hak berdaulat di Natuna dan zona ekonomi eksklusif (ZEE)," tutur dia.

    Akselerasi target

    Ketua DPP Partai NasDem, Irma Chaniago, mengatakan pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin terus mengakselerasi berbagai target memajukan Indonesia di berbagai bidang. Dalam seratus hari kepemimpinan mereka telah ada berbagai capaian yang dirasakan masyarakat.

    Irma mengatakan capaian itu dari sisi infrastruktur, pendidikan, hingga soal pertanian dan kehutanan. Dia mencontohkan Presiden yang baru saja meresmikan underpass Bandara Internasional Yogyakarta.

    "Artinya ada dalam infrastruktur yang diselesaikan dalam 100 hari pertama ini," ujar Irma.

    Dalam hal pendidikan sudah ditetapkan terobosan baru soal merdeka belajar dan penghapusan ujian nasional. Di bidang pertanian penguatan pangan yang dimulai dari wilayah kecamatan telah dilakukan.



    (OGI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id