comscore

Pemerintah dan KPU Sepakat Pemilu Digelar 14 Februari 2024

Kautsar Widya Prabowo - 24 Januari 2022 14:53 WIB
Pemerintah dan KPU Sepakat Pemilu Digelar 14 Februari 2024
Ilustrasi pemilu. Medcom.id
Jakarta: Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra menyebut pihaknya dan pemerintah sepakat menggelar Pemilu 2024 pada 14 Februari 2024. Kesepakatan berdasarkan sejumlah pertimbangan.

"Hari pemungutan suara direncanakan dilaksanakan pada 14 Februari 2024. Jadi, 14 Februari ini hari Rabu," ujar Ilham dalam rapat kerja (raker) bersama Komisi II, DPR, dan pemerintah, di Kompleks Parlemen, Senin, 24 Januari 2024.
Ilham menjelaskan dari pemilu ke pemilu, pemungutan suara digelar setiap hari Rabu. Selain itu, usulan tanggal tersebut telah disampaikan dalam rapat sebelumnya.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian yang mewakili pemerintah menyepakati usulan tanggal yang diajukan KPU. Tito menyebut pemilihan tanggal memberikan ruang untuk pilkada yang juga digelar di tahun yang sama.

"Ini akan memberikan ruang dengan adanya pemilu, pilkada serentak yang menurut Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 yang kita selenggarakan bulan November," tutur dia.

Tito juga menuturkan pemilihan 14 Februari dirasa pas apabila terjadi pemilihan putaran kedua. Sehingga tidak mepet dengan waktu pilkada.

"Antara Februari dengan bulan November karena itu memberi ruang yang cukup bila terjadi putaran kedua misalnya," tutur dia.

Sebelumnya, anggota KPU Pramono Ubaid Tanthowi mengatakan pihaknya telah mengirimkan kembali surat ke pimpinan DPR. Surat berisi permohonan diadakan rapat konsultasi untuk membahas rancangan Peraturan KPU tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Pemilu 2024.

Dalam surat tersebut, KPU menyampaikan satu alternatif lagi tanggal pemungutan suara pemilu, yakni 14 Februari 2024. Pramono menyebut usulan itu bukan hal baru kerena dalam rapat-rapat konsinyering sebelumnya, KPU pernah mengusulkan tiga alternatif, yakni 14 Februari, 21 Februari, dan 6 Maret 2024.

Baca: Pemerintah-DPR Diminta Legawa soal Jadwal Pemilu 2024
 

(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id