comscore

Besok, Pengambilan Keputusan Tingkat I RUU Pemekaran Provinsi Papua

Anggi Tondi Martaon - 27 Juni 2022 21:14 WIB
Besok, Pengambilan Keputusan Tingkat I RUU Pemekaran Provinsi Papua
Gedung DPR RI. Foto: MI/Barry Fatahilah
Jakarta: Pembahasan tiga rancangan undang-udang (RUU) pemekaran wilayah di Papua hampir selesai. Pengambilan keputusan tingkat I dilakukan besok.

"Ya tingkat 1 (3 RUU pemekaran wilayah Papua) besok siang," kata Ketua Komisi I DPR Ahmad Doli Kurnia di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 27 Juni 2022.
Sebelum agenda itu dilakukan, Komisi II berencana menggelar rapat dengar pendapat (RDP) dengan Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN). Hal itu dilakukan untuk membahas pengadaan ASN di tiga provinsi baru di Bumi Cenderawasih tersebut.

"Membicarakan harus ada satu pasal dalam UU yang mengatur soal pengadaan ASN terhadap provinsi baru," ungkap dia.
 
Baca: Ketua Komisi II Klaim Masyarakat Papua Antusias Sambut DOB

Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Golkar itu menyampaikan pembahasan pengadaan ASN di provinsi baru itu menjadi perhatian khusus Komisi II. Sebab, ada aspirasi menginginkan jaminan orang asli Papua diangkat sebagai PNS di tiga provinsi baru tersebut.

"Supaya affimative action terhadap keberadaan OAP (orang asli Papua) tetap terjaga dan kebutuhan pemenuhan juga bisa dipastikan," ujar dia.

Sebelumnya, pembahasan tiga RUU pemekaran wilayah Papua dimulai pada pekan lalu. Komisi II secara intens melakukan pembahasan dan bersama pemerintah.

Selain itu, Komisi II berkunjung ke Papua pada akhir pekan lalu. Selama beberapa hari, mereka mendengar aspirasi masyarakat adat dan pemerintahan daerah terkait pemekaran wilayah di Papua.

(DEV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id