comscore

KSP: Perubahan Iklim Ancam Pertahanan dan Keamanan

Andhika Prasetyo - 24 Mei 2022 10:19 WIB
KSP: Perubahan Iklim Ancam Pertahanan dan Keamanan
Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko/Medcom.id/Theo
Jakarta: Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyebut perubahan iklim tidak hanya mengancam aspek lingkungan. Hal tersebut membahayakan pertahanan dan keamanan suatu negara, baik dalam lingkup domestik maupun internasional.

"Konsep keamanan nasional itu bukan hanya tentang menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah saja, melainkan juga menjaga keselamatan jiwa manusia. Perubahan iklim sudah jelas menjadi ancaman bagi umat manusia," ujar Moeldoko melalui keterangan tertulis, Selasa, 24 Mei 2022.
Moeldoko mendorong Forum Kebijakan Global Pengurangan Risiko Bencana (Global Platform for Disaster Risk Reduction/GPDRR) merumuskan solusi nyata menghadapi ancaman tersebut. Saat ini, kondisi di Asia Pasifik semakin mengkhawatirkan menyusul semakin turunnya skor Disaster Preparedness negara-negara di kawasan, termasuk Indonesia.

Baca: KSP Dorong GPDRR Temukan Solusi Konkret Atasi Perubahan Iklim

"Fenomena ini tentu membuat Indonesia semakin rentan akan potensi bencana alam," kata Moeldoko.

GPDRR ke-7 digelar di Nusa Dua, Bali, pada 23-28 Mei 2022. Moeldoko berharap kegiatan itu dapat meningkatkan kerja sama antara pemerintah dan masyarakat internasional memitigasi potensi bencana alam, terutama dampak perubahan iklim global.

"Pertemuan ribuan delegasi, ilmuan, pakar bidang bencana dari 193 negara pada GPDRR harus menghasilkan solusi konkret," kata Moeldoko.

GPDRR merupakan platform global untuk mengevaluasi keberhasilan dan tantangan dalam pengurangan risiko bencana. Forum ini juga berguna mempercepat kemajuan menuju ketahanan bencana dan pembangunan berkelanjutan.

Tahun ini, Indonesia menjadi tuan rumah dengan mengusung tema Dari Risiko ke Resiliensi: Menuju Pembangunan Berkelanjutan untuk Semua di Dunia yang Berubah oleh covid-19. Tema tersebut diusung karena Indonesia terbukti mampu bangkit dari pandemi berdampak sistemik.

(ADN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id