Dapat Lampu Hijau Terkait Umrah, Menag Siap Bertolak ke Arab Saudi

    Faustinus Nua - 11 Oktober 2021 07:44 WIB
    Dapat Lampu Hijau Terkait Umrah, Menag Siap Bertolak ke Arab Saudi
    Wakil Menteri Agama (Wamenag), Zainut Tauhid Sa'adi. Dok. Kemenag



    Jakarta: Indonesia mendapatkan lampu hijau terkait izin penyelenggaraan ibadah umrah dari otoritas Kerajaan Arab Saudi. Pemerintah langsung merespons cepat segala persiapan yang diperlukan.

    "Dalam waktu dekat Bapak Menteri Agama (Yaqut Cholil Qoumas) akan melakukan kunjungan kerja ke Arab Saudi untuk melakukan koordinasi maupun komunikasi dengan otoritas Arab Saudi, semoga kehadiran Menteri Agama tersebut dapat mempercepat kepastian penyelenggaraan ibadah haji dan umrah," ujar Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Sa'adi, kepada Media Indonesia, Senin, 11 Oktober 2021.

     



    Dia mengatakan pemerintah Kerajaan Arab Saudi melalui Nota Diplomatik Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta pada 8 Oktober 2021, telah menyampaikan informasi tersebut. Komite khusus di Kerajaan Arab Saudi juga sedang bekerja guna meminimalkan segala hambatan yang menghalangi kemungkinan Indonesia tidak mendapatkan kuota jemaah untuk melakukan ibadah umrah.

    Dapat Lampu Hijau Terkait Umrah, Menag Siap Bertolak ke Arab Saudi
    Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas akan bertolak ke Arab Saudi untuk berkomunikasi terkait pelaksanaan ibadah umrah jemaah Indonesia. Dok. Kemenag

    Komunikasi yang intens terus ditingkatkan untuk segera memastikan pelaksanaan umrah. Bukan hanya Menag, kementerian lain yang turut berpartisipasi agar izin ibadah umrah benar-benar resmi diterima pemerintah.

    "Melalui pembahasan yang cukup lama dan intens melalui lobi, baik pada level menteri luar negeri, menteri agama, dan juga menteri kesehatan, dan kedua, karena perkembangan penanganan covid-19 di Indonesia yang semakin baik," jelasnya.

    Baca: Pemerintah Diminta Segera Menyelesaikan Permasalahan Umroh

    Untuk waktu pemberangkatan pertama menunggu pelaksanaan teknisnya selesai. Kementerian Agama terus berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri, Kementerian Kesehatan, serta otoritas terkait di Kerajaan Arab Saudi mengenai pelaksanaan kebijakan pemerintah Arab Saudi yang baru ini.

    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id