Metro Hari Ini

    Suroto, Peternak Ayam yang Bentangkan Poster ke Jokowi Diundang ke Istana

    MetroTV - 15 September 2021 23:17 WIB
    Suroto, Peternak Ayam yang Bentangkan Poster ke Jokowi Diundang ke Istana
    Foto: Dok/Screenshot Metro TV



    Jakarta: Presiden Joko Widodo mengundang Suroto ke Istana Kepresidenan di Jakarta pada Rabu, 15 September 2021 pagi. Suroto adalah peternak asal Blitar yang membentangkan poster berisi protes harga pakan ternak saat Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Blitar, Jawa Timur.  

    Suroto mengatakan, protesnya pada saat itu sama sekali tidak bermuatan politis. "Enggak ada tendensi politik atau apa ya, murni (kritik). Karena saya itu sebagai peternak mandiri," kata Suroto dalam tayangan Metro Hari Inidi Metro TV, Rabu, 15 September 2021.

     



    Suroto mengatakan, ia diundang Jokowi pada Rabu, 15 September 2021 sekitar pukul 08.00 WIB. Dalam pertemuan tersebut, Suroto meminta maaf kepada Jokowi atas apa yang dilakukannya dan mengaku, hal tersebut merupakan spontanitas.

    "Saya meminta maaf kepada Pak Jokowi atas apa yang telah saya lakukan dengan membentangkan poster. Sekali lagi, poster itu tulisannya begini “Pak Jokowi, bantu peternak beli jagung dengan harga wajar. Telur murah” itu yang lengkap," jelas Suroto.

    Suroto mengutarakan kondisi krisis para peternak ayam di masa pandemi ini. Ia menjelaskan, sebetulnya, para ketua asosiasi dan ketua koperasi sudah berkoordinasi dengan dinas perdagangan dan dinas pertanian setempat.

    Tidak hanya itu, mereka pun sudah meminta audiensi kepada Kementerian Pertanian. Namun dari berbagai upaya tersebut, tidak juga ditemukan solusi untuk para peternak ayam yang sedang mengalami kesulitan. Karena saat ini, harga pakan ternak sedang melonjak naik, namun harga telur ayam menurun.

    "Kita produksi telur saja seumpama 100 persen itu masih rugi. Sedangkan telur enggak bisa keluar, numpuk di gudang kandang itu," lanjutnya.

    Untuk itu, Suroto berinisiatif untuk membuat poster dan membentangkannya agar mendapatkan atensi dari Jokowi. Ia percaya, Jokowi bisa membantu para peternak di Indonesia yang sedang mengalami krisis akibat pandemi covid-19.

    "Saya percaya, satu-satunya orang di Indonesia yang pada saat ini bisa menolong peternak ya hanya Pak Jokowi," kata Suroto. (Aulya Syifa)

     

    (MBM)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id