Peserta Acara Rizieq Diminta Proaktif Cek Kesehatan

    Anggi Tondi Martaon - 21 November 2020 11:10 WIB
    Peserta Acara Rizieq Diminta Proaktif Cek Kesehatan
    Ilustrasi tes virus korona (covid-19). Medcom.id/Christian
    Jakarta: Masyarakat yang mengikuti rangkaian acara pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab diminta aktif memeriksa kondisinya ke fasilitas kesehatan setempat. Sebab, terdapat temuan kasus positif dari peserta tiga acara yang dilakukan.

    "Bila ada tanda-tanda nyata mirip gejala covid-19 segeralah ke fasilitas kesehatan (mengecek kesehatan)," kata anggota Komisi IX DPR Rahmat Handoyo saat dihubungi, Sabtu, 21 November 2020.

    Legislator yang mengurus sektor kesehatan itu mengungkapkan kesadaran peserta kegiatan Rizieq sangat diperlukan. Sehingga, pelacakan dan penanganan bagi yang terpapar bisa segera dilakukan.

    "Biar ledakan (kasus) covid-19 dari dampak kemarin bisa ditekan," ungkap dia.

    Dia mengkhawatirkan banyak orang tanpa gejala (OTG) setelah mengikuti rangkaian kegiatan Rizieq. Dia pun meminta agar seluruh peserta tanpa terkecuali membatasi kegiatan untuk sementara waktu. Hal ini untuk menjaga keselamatan keluarga dan lingkungan sekitar.

    "Jangan sampai menjadi klaster acara kerumunan dan berujung jadi klaster keluarga maupun lingkungan sekitar," sebut dia.

    Baca: 5 Positif Covid-19, Pemkot Bogor dan Panitia Acara Rizieq Bakal Dapat Sanksi

    Selain itu, dia meminta agar protokol kesehatan benar-benar diterapkan dalam berbagai aktivitas. Masyarakat tidak boleh mengabaikan ketentuan ini agar terhindar dari ancaman covid-19.

    "Hanya satu cara yang efektif perang lawan covid-19, ikuti protokol kesehatan dengan wajib 3M," ujar dia.

    Sebelumnya, Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 menyatakan 77 orang yang mengikuti rangkaian kegiatan Rizieq terjangkit virus korona. Mereka terdiri dari tujuh orang berasal dari kerumunan di Petamburan, 20 orang positif covid-19 paska kegiatan Megamendung, Bogor, serta 50 orang paska kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Tebet, Jakarta Selatan.

    "Itu data yang diterima Satgas per Kamis sore, 19 November 2020," kata Ketua Satgas Covid-19 Doni Monardo dalam keterangan tertulis, Jumat, 20 November 2020.

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id