MPR: Lagu Indonesia Raya Punya Kedudukan Sakral

    Kautsar Widya Prabowo - 04 Januari 2021 07:48 WIB
    MPR: Lagu Indonesia Raya Punya Kedudukan Sakral
    Wakil Ketua MPR fraksi NasDem Lestari Moerdijat. Foto: Medcom.id/Arga Sumantri
    Jakarta: Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat menyebut masih banyak kalangan yang tidak memahami arti dan makna lambang negara Indonesia. Hal tersebut diungkapkan menyusul munculnya kasus penghinaan simbol-simbol negara akhir-akhir ini.

    "Bagi bangsa Indonesia, lagu kebangsaan Indonesia Raya melambangkan kehormatan  bangsa dan negara, yang memiliki kedudukan sakral, dan harus dihormati oleh seluruh rakyat  Indonesia,” ujar Lestari Moerdijat dalam pernyataan tertulis, Minggu, 4 Januari 2021. 

    Menurut dia, simbol negara melambangkan cita-cita nasional bangsa dalam memperjuangkan, mempertahankan kemerdekaan, dan kehormatan bangsa. Simbol ini sekaligus menjadi alat pemersatu bangsa.

    "Dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 (tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, Serta Lagu Kebangsaan) disebutkan bahwa bendera, bahasa, dan lambang negara, serta lagu kebangsaan Indonesia merupakan sarana pemersatu, identitas, dan wujud eksistensi bangsa yang menjadi simbol kedaulatan dan kehormatan negara," jelas dia.

    Pelecehan terhadap simbol negara dianggap tindakan yang tidak terpuji. Lagu kebangsaan Indonesia Raya dilarang diparodikan. Bendera merah putih, lambang burung garuda, hingga bunyi Pancasila juga tak boleh dipermainkan.

    "Bendera, bahasa, lambang negara, serta lagu kebangsaan Indonesia Raya merupakan manifestasi kebudayaan yang berakar pada nilai-nilai luhur bangsa Indonesia," tegas Rerie, sapaan karib Lestari.

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id