DPD Janji Lebih Terbuka ke Publik

    Arga sumantri - 02 November 2019 01:57 WIB
    DPD Janji Lebih Terbuka ke Publik
    Suasana gathering DPD dengan insan pers di Surabaya, Jumat, 1 November 2019. Foto: Medcom.id/Arga Sumantri
    Surabaya: DPD berjanji menjadi lembaga perwakilan daerah yang lebih terbuka kepada publik. DPD pun meminta dukungan insan pers guna menjadi jembatan informasi kinerja DPD kepada masyarakat.

    "Tiadalah arti kita bekerja pada DPD RI tetapi tanpa publikasi dan dukungan yang signifikan dari teman-teman media," kata Sekjen DPD Reydonnyzar Moenek (Donny) di Surabaya, Jawa Timur, Jumat, 1 November 2019.

    Donny mengatakan, DPD periode 2019-2024 juga berjanji bakal lebih terbuka kepada media massa. Terutama, dalam hal mendapatkan kemudahan akses informasi yang dibutuhkan media massa. Harapannya, kinerja DPD bisa lebih diketahui publik. 

    "Untuk lebih memasyarakatkan aktivitas dan kinerja DPD RI serta proses legislasi model tripartit dari DPR, DPD, dan presiden dalam sistem parlemen Republik Indonesia," ungkapnya.

    Ia menjelaskan sebanyak 70 persen senator periode 2019-2024 merupakan wajah baru. Para pendatang baru yang berasal dari beragam latar belakang itu diyakini mampu lebih memperkuat lembaga DPD.

    "Ini merupakan sebuah kekuatan yang jika disinergikan tentu dapat menjadi modal utama untuk melaksanakan tugas dan optimalisasi peran DPD," ujarnya.

    Senator asal Riau Instiawati Ayus menyatakan DPD adalah representasi daerah yang bertugas mengawal segala kebijakan yang ada di tingkat pusat. DPD dituntut menyuarakan permasalahan-permasalahan yang ada di setiap daerah perwakilan. 

    "Rekan-rekan media adalah teknologi yang canggih untuk mengkomunikasikan apa yang menjadi ikhtiar dan tujuan eksistensinya DPD," kata Ketua Kelompok DPD di MPR itu.

    DPD menggelar kegiatan temu wartawan di Surabaya, Jawa Timur pada 1-3 November 2019. Puluhan jurnalis dari media massa cetak, elektronik, juga dalam jaringan (daring) turut serta dalam acara tersebut. Kegiatan ini sengaja dihelat guna menjaga dan membangun hubungan yang baik antara DPD dengan para pencari berita. 



    (DMR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id