RS Rujukan Flu Burung Disiapkan Menangani Pasien Korona

    Kautsar Widya Prabowo - 03 Februari 2020 13:15 WIB
    RS Rujukan Flu Burung Disiapkan Menangani Pasien Korona
    Ilustrasi. Foto: AFP
    Jakarta: Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyiapkan sekitar 100 rumah sakit mengantisipasi pasien terjangkit virus korona. Rumah sakit disebut berpengalaman menangani kasus flu burung pada 2007. 

    "Telah disiapkan untuk merawat pasien korona ke 100 rumah sakit rujukan flu burung," kata Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dalam rapat dengar pendapat di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 3 Febuari 2020.

    Terawan menuturkan RS rujukan pasien korona yang disiapkan meliputi tingkat nasional hingga daerah. Saat ini, 82 RS dipastikan siap menangani pasien terjangkit virus korona tipe Novel Coronavirus (2019-nCoV). Tiga RS di antaranya ada di Jakarta, yakni RS Penyakit Infeksi Sulianti Saroso, RS Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, dan RS Persahabatan. 

    "Diharapkan dapat melakukan upaya kesiapsiagaan, kewaspadaan, dan respons terhadap kemungkinan masuknya penyakit infeksi emerging," tutur dia.

    Komisi Kesehatan Nasional Tiongkok melaporkan angka kematian mencapai 361 orang dan total infeksi mencapai 17.200 di seantero Negeri Tirai Bambu per Senin, 3 Februari 2020. Virus korona juga bermunculan di sedikitnya 25 negara lain, seperti Jepang, Thailand, Australia, Prancis, Jerman hingga Amerika Serikat. WHO telah mendeklarasikan status darurat virus korona nCoV pada Januari lalu.

    Sebanyak 238 warga negara Indonesia (WNI) dari Hubei, Tiongkok telah dievakuasi. Mereka dikarantina di Natuna, Kepulauan Riau, selama 14 hari.





    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id