comscore

Menko PMK: Vaksin Merah Putih UNAIR-Biotis Diproduksi Massal Medio 2022

Theofilus Ifan Sucipto - 16 Januari 2022 19:50 WIB
Menko PMK: Vaksin Merah Putih UNAIR-Biotis Diproduksi Massal Medio 2022
Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy. Foto: MI/Bagus Suryo
Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan vaksin Merah Putih siap diproduksi massal. Pengembangan vaksin buatan dalam negeri itu dikebut guna mendorong kemandirian Indonesia dan segera bebas dari pandemi covid-19.

"Vaksin UNAIR-Biotis diperkirakan siap diproduksi massal pertengahan 2022," kata Muhadjir dalam keterangan tertulis, Minggu, 16 Januari 2022.
Muhadjir mengatakan saat ini ada enam pengembangan vaksin Merah Putih. Mulai dari Universitas Airlangga (UNAIR) bersama PT Biotis, PT Biofarma bersama Baylor College of Medicine, Universitas Indonesia (UI) bersama PT Etana, Institut Teknologi Bandung (ITB), PRBM Eijkman BRIN bersama PT Biofarma, hingga Universitas Padjajaran bersama PT Biofarma dan Lipotek.

"Perkembangan riset dan hilirisasi vaksin produksi dalam negeri ini dilakukan oleh triple helix, yakni pemerintah, industri farmasi, dan lembaga riset/perguruan tinggi," kata dia.

Baca: Menkes Usulkan Vaksin Merah Putih Dirilis Maret 2022

Menurut Muhadjir, produksi vaksin Merah Putih bisa mempercepat pembentukan kekebalan kelompok. Dia meminta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencari titik temu antara pemerintah dengan Industri sebagai produsen.

"Sehingga, jadwal rilis produk vaksin covid-19 produksi dalam negeri dapat sesuai harapan," ujar mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

(JMS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id