comscore

Indonesia Terus Memperkuat Kebijakan Iklim dan Implementasinya

Antara - 30 Mei 2022 12:51 WIB
Indonesia Terus Memperkuat Kebijakan Iklim dan Implementasinya
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya. Dok KLHK.
Jakarta: Pemerintah terus memperkuat kebijakan pengendalian perubahan iklim dan berbagai bentuk implementasinya. Langkah ini dilakukan di tengah ketidakpastian janji negara-negara maju untuk menyalurkan pembiayaan membantu negara berkembang dalam menangani perubahan iklim.

"Pemerintah Indonesia terus bergerak nyata memperkuat kebijakan pengendalian perubahan iklim dalam negeri secara detail dan untuk implementasinya," kata Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar ketika membuka dialog virtual Stockholm+50, Senin, 30 Mei 2022.
Langkah implementasi dipastikan untuk menjaga tercapainya tujuan penurunan emisi gas rumah kaca sesuai dengan target nasional. Siti menyebut salah satu langkah maju yang sudah dilakukan Indonesia adalah target penyerapan bersih karbon atau net sink untuk sektor kehutanan dan penggunaan lahan lain yang ingin dicapai pada 2030.

Baca: Wapres Minta Realisasi Indonesia Sebagai Produsen Halal Terbesar Dunia Dipercepat

Indonesia FoLU Net Sink 2030 memperlihatkan keseriusan Indonesia dalam mengatasi berbagai permasalahan lingkungan hidup, keanekaragaman hayati dan perubahan iklim. Berbagai upaya telah membuahkan hasil di antaranya Indonesia telah berhasil menurunkan angka deforestasi sampai titik terendah dalam sejarah.

"Sekaligus menekan kebakaran hutan dan lahan pada level serendah mungkin dalam dua dekade terakhir ini," jelas Siti.

Dia menerangkan telah dilakukan moratorium permanen pemberian izin untuk hutan alam primer dan lahan gambut di lahan seluas 66 juta hektare, restorasi dan perbaikan tata air gambut di lahan 3,4 juta hektare. Kemudian, penataan regulasi, rehabilitasi hutan dan lahan seluas 3,61 juta hektare, pengelolaan hutan lestari dan perhutanan sosial.

(AGA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id