comscore

Wapres: UMKM Harus Jeli Memanfaatkan Platfrom Digital

Kautsar Widya Prabowo - 28 Mei 2022 09:53 WIB
Wapres: UMKM Harus Jeli Memanfaatkan Platfrom Digital
Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin. Dok. BPMI Setwapres
Jakarta: Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menjelaskan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) berperan penting mendukung upaya pemerintah dalam pemulihan ekonomi nasional. Di era digital, pelaku UMKM harus dapat beradaptasi dengan memanfaatkan platform digital dalam proses produksi hingga pemasaran produk.

“Dalam era digital ini, (pelaku) UMKM tentunya juga harus jeli memanfaatkan hadirnya berbagai platform digital, termasuk media sosial, untuk mendukung perkembangan usahanya, serta mempermudah akses pada pembiayaan, distribusi, dan pemasaran produknya,” ujar Ma'ruf dalam acara Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2022 secara virtual, Jumat, 27 Mei 2022.
Wapres kerap menggarisbawahi pentingnya pemanfaatan teknologi dan digital bagi UMKM dalam upaya meningkatkan skala produksi. Hal itu untuk mencegah UMKM mengalami stunting atau tidak berkembang.

“Saya sampaikan bahwa perluasan akses pasar dan akselerasi berbagai inovasi di bidang teknologi dan digital harus terus diperkuat, karena keduanya adalah tuas bagi UMKM agar naik kelas,” tegas dia.

Ma'ruf berharap setiap pelaku UMKM berpikir kreatif dengan berinovasi untuk menghasilkan kualitas produk lokal yang mendunia. Kemudian, pelaku UMKM harus meningkatkan kualitas produk untuk memenuhi kebutuhan pasar.

“Sekaligus menyesuaikan dengan perkembangan selera konsumen, berorientasi ekspor, serta memanfaatkan beragam platform digital, agar berhasil menembus pasar internasional,” ujar dia.

Baca: BI Dorong UMKM Manfaatkan Digitalisasi untuk Go Global

Sementara itu, Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menekankan pentingnya digitalisasi dalam pengembangan UMKM secara nasional maupun global. Digitalisasi dapat dimanfaatkan untuk sistem pembayaran yang menggunakan QR Indonesia Standard (QRIS) dan BI Fast.

“Mari kita manfaatkan teknologi digital dan bertransaksi secara cepat, mudah, aman, dan handal,” ujar Perry.

(AZF)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id