comscore

Jalan Panjang Misi Perdamaian Jokowi ke Rusia dan Ukraina

Theofilus Ifan Sucipto - 03 Juli 2022 10:57 WIB
Jalan Panjang Misi Perdamaian Jokowi ke Rusia dan Ukraina
Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) Andi Widjajanto.
Jakarta: Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) Andi Widjajanto mengungkapkan rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) melawat ke Rusia dan Ukraina sudah disusun sejak lama. Jokowi memanfaatkan pertemuan G7 untuk membawa misi perdamaian.

“Ini merupakan proses panjang dan dipikirkan sejak akhir Februari 2022 ketika serangan militer Rusia terjadi di Ukraina,” kata Andi dalam diskusi virtual Crosscheck Medcom.id bertajuk ‘Sukses Besar! Jalur Pangan Rusia Terbuka, Jokowi: Mission Accomplished,’ Minggu,  3 Juli 2022.
Andi mengatakan konflik tersebut memengaruhi kehadiran Rusia di G20. Konflik kedua negara juga merembet pada krisis pangan dan energi global.

“Rencana ini dimatangkan selama Mei 2022 setelah menyadari ada undangan dari G7 kepada Presiden Jokowi,” papar dia.

Lantas, sejumlah kementerian/lembaga menyusun skema dan rencana pengamanan Jokowi serta Ibu Negara Iriana Jokowi. Mulai dari Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Lemhanas, hingga Badan Intelijen Negara (BIN).

“Untuk memastikan kunjungan misi perdamaian Presiden dan Ibu Negara bisa dilakukan dengan mengutamakan keselamatan Presiden,” jelas Andi.
 

Baca: Kunjungan Jokowi ke Rusia dan Ukraina Demi Menyukseskan G20


Menurut Andi, kehadiran Jokowi ke Rusia dan Ukraina penting lantaran ada prediksi eskalasi perang saat musim panas. Momen tersebut dinilai krusial lantaran Rusia kini fokus di wilayah Kharkiv, Ukraina, yang tidak mengarah ke Laut Hitam.

“Dikhawatirkan dengan masuknya musim panas, secara operasional militer merupakan waktu baru untuk melakukan tindakan ofensif yang membuat konflik meningkat,” ujar dia.

Kepala Negara pun memutuskan berkunjung ke Rusia dan Ukraina. Supaya masalah pangan dan energi global segera teratasi dan konflik kedua negara menemukan titik terang.

(AZF)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id