Survei: Warga yang Puas dengan Kinerja Jokowi Pilih Ganjar

    Fachri Audhia Hafiez - 13 Juni 2021 22:03 WIB
    Survei: Warga yang Puas dengan Kinerja Jokowi Pilih Ganjar
    Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, MI/Haryanto Mega.



    Jakarta: Survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) teranyar mengkorelasikan kepuasan kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan dukungan terhadap calon presiden (capres). Responden yang puas dengan kinerja Kepala Negara cenderung memilih Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

    "SMRC berusaha melihat apakah penilaian masyarakat terhadap Presiden Jokowi berkorelasi dengan nama yang didukung sebagai presiden," kata Manajer Program SMRC Saidiman Ahmad dalam rilis survei virtual 'Partai Politik dan Calon Presiden: Sikap Pemilih Pasca 2 Tahun Pemilu 2019', Minggu, 13 Juni 2021.

     



    Responden survei adalah mereka yang mengetahui figur Ganjar Pranowo, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Lalu, bukan dari kalangan pemilih PDI Perjuangan.

    Responden pemilih Ganjar yang puas dengan kinerja Presiden Jokowi sejumlah 43,9 persen. Sisanya, 14,9 persen tidak puas.

    Pemilih Prabowo cenderung tidak puas dengan kinerja Jokowi. Sebanyak 48,5 persen tidak puas dan 23,3 persen menyatakan puas.

    Pendukung Anies juga serupa. Sejumlah 33,7 persen menyatakan tidak puas dan 22,3 persen puas.

    "Kelompok pemilih yang puas dengan kinerja Jokowi, Ganjar unggul. Sementara di kelompok pemilih yang tidak puas dengan kinerja Jokowi, Prabowo yang unggul," ujar Saidiman.

    Baca: Survei SMRC: Ganjar Tak Tergoyahkan Tanpa Pemilih PDI Perjuangan

    Pada instrumen penanganan covid-19 yang dilakukan Jokowi, 39,1 persen pemilih Ganjar mengaku puas. Sisanya, 31,3 persen menyatakan sebaliknya.

    Pemilih Prabowo mayoritas tidak puas dengan kinerja Jokowi dalam penanganan covid-19. Sebanyak 35,7 persen tidak puas dan 26,7 persen menyatakan puas.

    Sebanyak 28,7 persen pendukung Anies menyatakan tidak puas. Sisanya, 23,1 persen puas.

    Pada penanganan pemulihan ekonomi akibat pandemi covid-19, sebanyak 38,1 persen pemilih Ganjar menyatakan puas. Sementara, 34,4 persen tidak puas.

    Sejumlah 36,5 persen pemilih Prabowo menyatakan tidak puas dengan kinerja Jokowi dalam memulihkan ekonomi dan 23,6 persen menyatakan puas. Sebanyak 23,1 persen pendukung Anies menyatakan tidak puas dan 27,3 persen puas.

    "Bila hasil survei ini dijadikan rujukan, diperkirakan bila Ganjar maju menjadi capres 2024, salah satu lumbung suara terbesarnya adalah para pendukung Presiden Jokowi," ujar Saidiman.

    Survei menggunakan metode penarikan sampel acak bertingkat (multistage random sampling) dengan menyasar 1.220 responden. Proses pengumpulan data survei dilaksanakan 21-28 Mei 2021 melalui wawancara tatap muka.

    Sebanyak data 1.072 responden yang diwawancarai dinyatakan valid. Survei ini memiliki toleransi kesalahan lebih kurang 3,05 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id