3.830 Orang Positif Covid-19 Berkeliaran Tak Boleh Dibiarkan

    Fachri Audhia Hafiez - 15 September 2021 08:10 WIB
    3.830 Orang Positif Covid-19 Berkeliaran Tak Boleh Dibiarkan
    Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie). Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto



    Jakarta: Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) mendorong penelusuran 3.830 orang positif covid-19 berkeliaran di ruang publik. Ribuan orang itu terdeteksi melalui aplikasi PeduliLindungi.

    "Harus benar-benar ditelusuri penyebab terjadinya ribuan orang terpapar covid-19 masih bepergian ke ruang publik," kata Rerie melalui keterangan tertulis, Rabu, 15 September 2021.

     



    Rerie mengatakan para pemangku kepentingan di pusat dan daerah harus menangani kondisi tersebut. Hal ini guna mencegah lonjakan kasus covid-19.

    Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu juga mendorong konsistensi kebijakan pengendalian covid-19. Sehingga, masyarakat semakin terbiasa dengan norma baru yang mesti diterapkan untuk mencegah penularan covid-19.

    "Berbagai persyaratan dalam sejumlah kebijakan pengendalian covid-19 harus diterapkan dengan benar dan konsisten sehingga masyarakat bisa mematuhi kebijakan tersebut," ucap Rerie.

    Konsistensi itu juga mesti terlihat lewat sejumlah kebijakan dalam pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Termasuk sanksi yang dikenakan bila kebijakan tersebut dilanggar.

    "Konsistensi penerapan sebuah kebijakan sangat penting untuk menjaga kewibawaan para pemangku kepentingan di mata masyarakat," ujar Rerie.

    Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut aplikasi PeduliLindungi mendeteksi ribuan orang terinfeksi covid-19 berkeliaran di ruang publik. Mayoritas masyarakat itu beraktivitas di mal, kantor, dan transportasi publik.

    "Ada 3.830 orang yang masuk kategori hitam, hitam itu artinya positif covid-19 tapi masih jalan-jalan," kata Budi dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR secara virtual, Jakarta, Senin, 13 September 2021.

    Baca: Penyebab 3.830 Orang Positif Covid-19 Berkeliaraan Diminta Ditelusuri
     

    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id