PPKM Darurat, Menkominfo Minta Aparat Gunakan Pendekatan Humanis

    Achmad Zulfikar Fazli - 22 Juli 2021 07:20 WIB
    PPKM Darurat, Menkominfo Minta Aparat Gunakan Pendekatan Humanis
    Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate. MI Pius Erlangga



    Jakarta: Aparat keamanan bertugas mendisiplinkan masyarakat untuk menjaga protokol kesehatan dan membatasi aktivitas selama masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat. Namun, aparat diminta menjaga keramahan dalam menertibkan masyarakat agar tidak menimbulkan kegaduhan.

    "Aparat tetap menjaga keramahan kepada masyarakat. Kita butuh suasana batin yang kuat, bukan saling menyalahkan. Kita harus bangun soliditas kita sebagai bangsa. Kita perlu bertemu di satu titik yang membangun solidaritas yang kuat untuk menghadapi bahaya covid-19,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate dalam keterangan tertulis, Kamis, 22 Juli 2021.

     



    Menurut Johnny, penularan covid-19 terjadi akibat masyarakat belum disiplin menjalankan protokol kesehatan. Dia juga mengakui pemerintah memiliki kekurangan dalam penanganan covid-19.

    Johnny mengatakan pemerintah membutuhkan banyak saran dan rekomendasi dari seluruh pihak agar kebijakan yang dijalankan dapat efektif. Namun, dia mengimbau kelompok tertentu agar tidak menyebarkan diksi yang membingungkan masyarakat.

    “Kalau kita menebar ketakutan efeknya kita akan melemahkan semangat kita. Pemerintah pasti mendengar pendapat, koreksi, saran. Tapi sebaiknya tidak hanya kritik yang disampaikan tapi juga saran dan rekomendasi perbaikan,” ujar Johnny.

    Baca: Epidemiolog: Kasus Covid-19 di Indonesia Sudah Genting

    Masa PPKM darurat diperpanjang hingga 25 Juli 2021. Johnny memastikan perpanjangan masa PPKM darurat akan diiringi dengan pemberian insentif kepada masyarakat dalam bentuk bantuan sosial (bansos).

    “Ibu Mensos (Menteri Sosial Tri Rismaharini) sudah siapkan semuanya (bansos),” ujar Johnny.

    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id