Survei: Popularitas Ganjar Masih di Bawah Prabowo dan Anies

    Anggi Tondi Martaon - 05 Juni 2021 16:03 WIB
    Survei: Popularitas Ganjar Masih di Bawah Prabowo dan Anies
    Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. ANTARA/HO-Humas Pemprov Jateng



    Jakarta: Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo konsisten memiliki tingkat popularitas tertinggi. Namun, popularitas Ganjar masih berada di bawah Prabowo dan Anies.

    "Hanya Ganjar yang masih memiliki popularitas di bawah 70 persen," kata Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno dalam konferensi pers virtual Survei Peta Politik Menuju 2024 dan Isu Politik Mutakhir, Sabtu, 5 Juni 2021.

     



    Anies berada di posisi kedua dengan tingkat popularitas tertinggi sebesar 82 persen. Sedangkan, posisi pertama ditempati Prabowo. Ketua Umum Partai Gerindra itu memiliki tingkat popularitas sebesar 93,7 persen.

    Tingkat popularitas Prabowo tak berbanding lurus dengan perkembangan elektabilitasnya. Eks calon presiden (capres) 2014 dan 2019 tersebut mengalami penurunan elektabilitas dalam tiga bulan terakhir.

    Pada survei Parameter Politik Indonesia Februari 2021, elektabilitas Prabowo mencapai 22,1 persen. Elektabilitas Prabowo kini hanya 18,3 persen per Mei 2021.

    "Mungkin karena isu-isu yang belakangan cukup santer menghantam Ketum Gerindra itu," ujar dia.

    Baca: Elektabilitas Ganjar dan Puan Naik 3 Bulan Terakhir, Prabowo Turun
        
    Hal berbeda justru diterima Ganjar. Elektabilitas Ganjar mengalami peningkatan meskipun popularitasnya masih di bawah Prabowo dan Anies.

    Politikus PDIP itu mengalami peningkatan elektabilitas sebesar 2,6 persen dalam tiga bulan terakhir. Pada survei yang dilakukan Februari 2021, elektabilitas Ganjar hanya 13,9 persen. Kini, meningkat menjadi 16,5 persen per Mei 2021.

    "Ini tentu menjadi temuan menarik. Dengan popularitas di bawah 70 persen saja, Ganjar sudah memiliki bekal luar biasa," ungkap dia.

    Survei dilakukan pada 23-28 Mei 2021. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 1.200 responden. Pemilihan responden menggunakan metode random sampling. Margin of error survei sekitar 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen.

    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id