Surya Paloh Usulkan Sejumlah Perubahan di UUD 1945

    Ilham Pratama Putra - 13 November 2019 15:52 WIB
    Surya Paloh Usulkan Sejumlah Perubahan di UUD 1945
    Sejumlah pimpinan MPR mengunjungi Partai NasDem. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra
    Jakarta: Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendapat banyak masukan dari Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh terkait sejumlah hal. Salah satu masukan Surya soal amendemen UUD 1945. 

    "Mulai pembukaan, sampai pasal demi pasalnya. Mana-mana saja yang perlu kita amendemen sesuai kebutuhan bangsa kita," beber Bamsoet di kantor DPP NasDem, Jakarta Pusat, Rabu, 13 November 2019.

    Bamsoet memastikan usulan Surya didalami. Surya ingin amendemen tetap menjaga komitmen dalam berbangsa dan bernegara.

    "Tidak boleh gampangan, harus betul-betul cermat. kalau memang kita mau ubah, ubah sesuai dengan kebutuhan bangsa. Tidak boleh mengada-ada," kata Bamsoet.

    MPR juga diminta mengencangkan sistem presidensial. Surya berpesan amendemen UUD 1945 tidak boleh melemahkan pemerintah.

    "Semangat baru yang disampaikan bang Surya, boleh kita mengubah, tapi semangat buat mempertahankan atau menjaga sistem presidensial dan harus diperkuat, itu penting. Jadi, tidak boleh ke depan pemerintahan itu lemah atau kalah kuat," sebut Bamsoet.

    Surya juga mengusulkan pelaksanaan pemilu serentak ditinjau ulang. Surya berpendapat pemilu serentak menimbulkan banyak dampak negatif. 

    "Apakah ini masih ingin kita pertahankan buat lima tahun ke depan atau kita pisah agar memperkecil risiko kita dalam berbangsa dan bernegara," kata Bamsoet.

    Pertemuan pimpinan MPR dan elite NasDem itu turut dihadiri Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah, Hidayat Nur Wahid, Arsul Sani, dan Lestari Moerdijat. Sekjen MPR Ma'ruf Cahyono juga hadir dalam pertemuan tersebut.

    Bamsoet mengatakan safari politik pimpinan MPR ke partai-partai politik terus berlanjut. Selanjutnya, MPR bakal berkunjung ke markas Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). 

    "Ke Golkar setelah Munas 6 Desember. PKS kemungkinan besar minggu depan," kata Bamsoet. 



    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id