Bupati Banyuwangi Akan Verifikasi Ulang Jumlah Desa

    Theofilus Ifan Sucipto - 23 November 2019 00:41 WIB
    Bupati Banyuwangi Akan Verifikasi Ulang Jumlah Desa
    Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas . Foto: Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto
    Jakarta: Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengaku siap menyisir ulang jumlah desa di wilayahnya. Ini merespons perintah Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

    "Iya saya kemarin sebagai Ketua APKASI (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) telah merespons," kata Abdullah di Redtop Hotel, Jakarta Pusat, Jumat 22 November 2019. 

    Abdullah menilai verifikasi ulang jumlah desa usulan bagus. Sebab, kata dia, tidak semua kabupaten terdapat desa fiktif.

    Menurut Abdullah, perintah Mendagri bisa membuat kepala daerah lebih waspada. Dia tidak ingin ada kesalahan memasukkan data jumlah desa. "Saya rasa itu bagus agar ke depan bisa berhati-hati," ucap Abdullah.

    Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian meminta kepala daerah memverifikasi ulang jumlah desa di wilayahnya. Kepala daerah harus mengantisipasi terulangnya kasus desa fiktif.

    "Kalau memang ada desa tidak ada atau tidak lengkap, namun menerima anggaran harap dikembalikan. Kalau tidak dikembalikan, kita akan menegakkan hukum," tegas Tito di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 18 November 2019.

    Tito sudah mengantongi daftar desa fiktif. Data itu tengah dicocokkan dengan yang dimiliki Kementerian Keuangan dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

    Isu desa siluman pertama kali disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Dari laporan yang diterima, banyak desa baru tak berpenduduk dibentuk agar mendapat kucuran dana desa tiap tahun.

    Program dana desa telah berjalan sejak 2015. Program itu sudah menjangkau 74.954 desa.

    Pada 2015, alokasi dana desa dianggarkan Rp20,8 triliun, anggaran meningkat jadi Rp46,9 triliun pada 2016. Pada 2017-2018, anggaran meningkat menjadi Rp60 triliun, dan pada 2019 menjadi Rp72 triliun.





    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id