Surya Paloh Heran Silaturahmi Dicurigai

    Whisnu Mardiansyah, Cindy - 08 November 2019 22:45 WIB
    Surya Paloh Heran Silaturahmi Dicurigai
    Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh saat pembukaan Kongres II NasDem di Ji Expo Kemayoran, Jakarta. Foto: Antara/Hafidz Mubarak
    Jakarta: Ketua Umum Partai NasDem Surya heran upaya silaturahmi politik yang dilakukan partainya memunculkan kecurigaan sejumlah pihak. Hal ini diungkapkan ketika berpidato dalam pembukaan Kongres II Partai NasDem.

    "Tingkat diskursus politik yang paling picisan di negeri ini, hubungan, rangkulan, tali silaturahmi, dimaknai dengan berbagai macam tafsir dan kecurigaan," kata Surya di Ji Expo Kemayoran, Jakarta, Jumat, 8 November 2019.

    Surya menegaskan, bangsa Indonesia sudah lelah dengan segala sikap yang mengundang sinisme atau kecurigaan satu sama lain. Indonesia juga lelah dengan sikap saling curiga. 

    "Sehingga ketika kita berkunjung pun ke kawan, mengundang kecurigaan. Bangsa model apa seperti ini?" ucap Surya disambut riuh peserta kongres. 

    Surya juga menyinggung praktik demokrasi di Indonesia. Ia menilai Indonesia seolah bergaya demokrasi liberal, padahal praktiknya masih ortodoks dan konservatif. 

    Bagi Surya, ada situasi yang paradoks dalam praktik demokrasi Indonesia. Banyak ucapan dan perbuatan yang tak sejalan. Situasi tersebut, kata dia, justru membuat bangsa Indonesia semakin menjauh dari nilai Pancasila. 

    "Kita bilang kita mau maju tapi melangkah ke belakang. Kita bilang 'mari bermusyawarah, bergotong royong', tapi kita hanya bilang 'Aku saja yang penting yang lain biar mati," ucap Surya.



    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id