Gerindra Minta Diajak Bahas Perppu KPK

    Whisnu Mardiansyah - 07 Oktober 2019 16:36 WIB
    Gerindra Minta Diajak Bahas Perppu KPK
    Anggota Fraksi Partai Gerindra di DPR, Supratman Andi Agtas (kiri). Foto: Mohamad Irfan/MI
    Jakarta: Partai Gerindra meminta Presiden Joko Widodo tak hanya membahas Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) atas UU Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hasil revisi dengan partai koalisi. Partai besutan Prabowo Subianto itu juga ingin dilibatkan dalam pembahasan perppu. 

    "Sekarang ada sembilan parpol yang ada perwakilannya di DPR, kemarin dengan koalisinya sudah, sekarang di luar koalisi. Tidak ada salahnya Presiden mengundang, meminta pendapat terhadap ketua-ketua umum partai politik yang ada," kata anggota Fraksi Gerindra, Supratman Andi Agtas di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 7 Oktober 2019.

    Menurut dia, opsi uji materi UU di tingkat legislatif (legislative review) bisa saja terlaksana setelah Presiden berdialog dengan partai politik di luar koalisi pemerintah. Apalagi, publik sudah mendesak Presiden untuk segera menerbitkan Perppu KPK.

    "Tapi itu terserah tergantung pertimbangan dan kalkulasi politik Presiden. Saya dalam posisi tidak bisa menilai yang akan terjadi dengan inisiasi Presiden untuk mengeluarkan perppu," jelas Supratman.

    Gerindra tak keberatan dengan pasal dalam UU KPK yang mengatur soal dewan pengawas. Dengan catatan, dewan pengawas dipilih secara proporsional atas usulan dari Presiden, DPR dan KPK.

    "Makanya supaya lebih bagus, kami menunggu saja apa yang menjadi keputusan Presiden, kemudian materi yang akan diterbitkan itu penting, tidak boleh melakukan dugaan-dugaan atau perkiraan," pungkas dia.

    Jokowi masih menimang-nimang opsi penerbitan Perppu KPK. Selain Perppu, ada dua opsi lain yang bisa ditempuh, yaitu uji materi di Mahkamah Konstitusi (MK), atau legislative review.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id