Indonesia Belum Berhentikan Penerbangan ke Singapura

    Nur Azizah - 05 Februari 2020 13:58 WIB
    Indonesia Belum Berhentikan Penerbangan ke Singapura
    juru bicara Presiden Fadjroel Rachman. Foto: Medcom.id/Nur Azizah
    Jakarta: Pemerintah Indonesia belum akan membatasi penerbangan dari dan ke Singapura. Meski, telah dikonfirmasi 21 kasus virus korona di Negeri Singa itu. 

    "Belum ada kepastian mengenai hal tersebut. Yang hari ini mulai berlaku hanya penundaan sementara penerbangan dari dan ke mainland Tiongkok," kata juru bicara Presiden Fadjroel Rachman di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu, 5 Februari 2020.

    Fadjroel menyebut pemerintah menunda sementara penerbangan dari dan ke Tiongkok lantaran dianggap sebagai awal mula merebaknya virus korona. Meski begitu, dia memastikan, pemerintah telah memperketat pintu masuk di seluruh bandara dan pelabuhan sesuai Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2019. 

    "Semua kementerian dan lembaga terkait yang ada di dalam inpres tersebut bekerja bersama-sama menghadapi problem virus korona yang sekarang sedang berlangsung," tutur Fadjroel.

    Indonesia Belum Berhentikan Penerbangan ke Singapura
    Seorang penumpang memunjukkan tiket pesawat sebelum boarding di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Foto: ANT/Muhammad Iqbal 

    WHO menetapkan wabah virus korona menjadi darurat kesehatan global. Jumlah kematian melonjak menjadi 490 orang dan menginfeksi 24.343 orang per Rabu, 5 Februari 2020.

    Infeksi virus korona bermunculan di sedikitnya 25 negara. Virus korona dinilai mirip dengan Sindrom Pernapasan Akut Berat atau SARS. Wabah SARS menewaskan ratusan orang di banyak negara pada 2002-2003.

    Pemerintah menghentikan sementara penerbangan ke Tiongkok. Kebijakan ini mengantisipasi penyebaran virus korona. Adapun bandara di bawah operasi AP II yang melayani penerbangan reguler atau berjadwal ke Tiongkok hanya Soekarno-Hatta. 





    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id