Legislator Desak Pemerintah Optimalkan Pangan Khas Lokal

    Antara - 13 Februari 2020 22:14 WIB
    Legislator Desak Pemerintah Optimalkan Pangan Khas Lokal
    Ilustrasi petani memasang perangkap di sawah. Foto: Antara/Prasetia Fauzani
    Jakarta: Pemerintah didorong mengenali dan mengoptimalkan potensi pangan lokal di berbagai daerah Nusantara. Langkah ini dianggap dapat mengurangi jumlah impor pangan.

    "Setiap daerah di negara kita punya potensi yang sangat menarik untuk dikembangkan pada produksi pertanian atau peternakan," kata anggota Komisi IV DPR RI Hamid Noor Yasin seperti yang dilansir Antara, Jakarta, Kamis, 13 Februari 2020.

    Permasalahan pasokan komoditas, seperti bawang putih, cabai, dan daging, terjadi karena ketergantungan impor dari satu negara. Untuk itu, ujar dia, impor pangan dari jenis komoditas apapun jangan terlalu didominasi pasokan. Misalnya bawang putih yanng hanya bergantung kepada Tiongkok.

    "Tidak sepatutnya kita lemah dalam menghadapi kelangkaan produk pangan yang seharusnya mampu kita produksi sendiri," kata politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu.

    Hamid meyakini setiap daerah punya pangan khas. Daerah potensial bisa dikembangkan menjado daerah sentra pangan tertentu untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

    Karena itu, dia juga mendesak pemerintah didesak segera menyinkronkan data pangan. Sinkronasi tersebut diharap jadi acuan pengambilan kebijakan pangan yang akurat untuk mencapai kedaulatan pangan.





    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id