Penyelesaian Kasus Eksploitasi ABK Harus Adil bagi Korban

    Theofilus Ifan Sucipto - 16 Mei 2020 10:15 WIB
    Penyelesaian Kasus Eksploitasi ABK Harus Adil bagi Korban
    Pelarungan di kapal nelayan Tiongkok yang dilaporkan oleh media Korsel, MBC. Foto: Dok MBC
    Jakarta: Anggota Komisi I DPR Willy Aditya mendukung upaya pemerintah menyelesaikan kasus anak buah kapal (ABK) Long Xing 629. Upaya penyelesaian kasus harus sampai tuntas.

    “Penyelesaian dugaan eksploitasi ini harus bisa memberi rasa keadilan bagi korban langsung maupun bagi Indonesia,” kata Willy di Jakarta, Sabtu 16 Mei 2020.

    Menurut dia, kasus ABK di kapal Long Xing 629 menjadi pemantik pemerintah untuk segera bertindak. Dia berharap semangat Indonesia dalam Dewan Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa (HAM PBB) juga dilakukan kementerian dan lembaga dalam negeri.

    “Pemerintah harus segera juga menyiapkan dokumen pendukung, fakta-fakta hasil penyelidikan, dan semua yang diperlukan agar Dewan HAM PBB bisa punya modal kerja,” tegas politikus Partai NasDem itu.

    Willy mendorong pemerintah benar-benar serius mengusut kasus yang melibatkan kapal Tiongkok tersebut. Hal itu, kata dia, untuk mencegah hal serupa terjadi di masa mendatang.

    “Sehingga kasus ini bisa selesai dengan memberi keadilan dan memperbaiki sistem dan tata kelola ketenagakerjaan,” tutur dia.

    Empat warga negara Indonesia (WNI) meninggal di kapal Long Xing 629 pada Desember 2019. Sebanyak tiga jenazah ABK WNI dilarung ke laut, sedangkan seorang lainnya meninggal setelah sempat mendapat perawatan di Busan, Korea Selatan.
     
    Baca: Pemerintah Diminta Desak Tiongkok Tuntaskan Kasus ABK Indonesia

    Sebanyak 14 ABK WNI yang bekerja di kapal tersebut kembali ke Tanah Air. Jenazah satu ABK WNI juga sampai  di Indonesia pada Kamis, 7 Mei 2020, dan dibawa ke rumah duka pada Minggu, 10 Mei 2020.

    Dari kesaksian para WNI tersebut, mereka harus bekerja berdiri hingga 30 jam. Mereka tidak diberi makanan layak, waktu istirahat yang sedikit, dan upah tak sesuai kontrak.



    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id