Arahan Jokowi Perlu Disambut Optimis

    M Sholahadhin Azhar - 15 Agustus 2020 20:39 WIB
    Arahan Jokowi Perlu Disambut Optimis
    Presiden Joko Widodo/Medcom.id.
    Jakarta: Pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Sidang Tahunan MPR diapresiasi. Arahan tersebut harus disambut optimis.

    "Setiap ada kemauan dan rasa optimisme membangun negeri ini, pasti ada jalan keluar. Gubernur sebagai perpanjangan tangan pemerintah pusat di daerah, tentu harus patuh terhadap kebijakan Presiden, apalagi di masa pandemi sekarang," kata Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey melalui keterangan tertulis, Sabtu, 15 Agustus 2020.

    Menurut dia, arahan Jokowi jelas membangkitkan optimisme kepala daerah. Olly menyebut pemerintah daerah tak perlu ragu berinovasi di tengah pandemi.

    Terutama untuk mewujudkan keselamatan dan kesejahteraan masyarakat "Pandemi jangan membuat kita mundur, tetapi harus melangkah maju melewati negara-negara lain," ujar Olly. 

    Dia menyebut Presiden ingin gerakan penanganan korona yang lebih cepat. Mengubah krisis akibat pandemi menjadi pemicu kemajuan bangsa.

    Baca: Tiga Pesan Penting Jokowi di Sidang Tahunan MPR

    Dia memperkirakan perekonomian di Sulut mencapai 6 persen pada 2021. Menurut dia, walau ada perlambatan pada triwulan I dan II 2020, pertumbuhan ekonomi di wilayah kerjanya masih di atas rata-rata.

    Upaya menggenjot pertumbuhan yakni melalui kerja sama pemerintah daerah dengan badan usaha. Sektor pertanian, perikanan kelautan dan kehutanan dijadikan andalan, selain sektor pariwisata.

    Olly menyebut pihaknya fokus membangun fasilitas sarana dan prasarana. Mulai dari bandara, jalan dan jembatan akses penghubung objek-objek wisata.

    "Serta persiapan pemberdayaan masyarakat lokal sekitar kawasan wisata," kata dia.

    Presiden Joko Widodo sebelumnya mengatakan pandemi covid-19 membuat semua negara mengalami kemunduran. Namun, kemunduran ini bisa menjadi peluang dan momentum bagi kita untuk mengejar ketertinggalan.
     
    "Inilah saatnya kita membenahi diri secara fundamental, melakukan transformasi besar, menjalankan strategi besar. Strategi besar di bidang ekonomi, hukum, pemerintahan, sosial, kebudayaan, termasuk kesehatan dan pendidikan," tutur Presiden Jokowi, Jumat, 14 Agustus 2020.

    (ADN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id