Kompolnas Godok Kriteria Calon Kapolri untuk Diajukan kepada Presiden

    Siti Yona Hukmana - 18 November 2020 11:46 WIB
    Kompolnas Godok Kriteria Calon Kapolri untuk Diajukan kepada Presiden
    Ilustrasi Polri. Medcom.id
    Jakarta: Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mulai menyusun kriteria calon pengganti Kapolri Jenderal Idham Azis. Idham pensiun akhir Januari 2021.

    "Kompolnas akan melihat data track record dan prestasi calon-calon kapolri dan akan memberikan pertimbangan kepada Presiden (Joko Widodo)," kata Komisioner Kompolnas Poengky Indarti kepada Medcom.id, Rabu, 18 November 2020.

    Kompolnas bertugas memberikan pertimbangan kepada presiden dalam pengangkatan dan pemberhentian kapolri. Hal itu tertuang dalam Pasal 38 ayat (1) huruf b Undang-Undang (UU) Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri).

    Sementara itu, penentuan kriteria calon pemimpin Korps Bhayangkara merujuk Pasal 11 UU Polri. Beleid tersebut menyatakan calon kapolri adalah anggota yang masih aktif dengan memperhatikan jenjang kepangkatan karier.

    Baca: Legislator: Korps Bhayangkara Punya Banyak Stok Calon Kapolri

    Jenjang kepangkatan adalah prinsip senioritas yang ada dalam Polri. Artinya, kandidat yang memimpin Polri dipilih dari penyandang pangkat tertinggi di bawah kapolri.

    Sedangkan jenjang karier, beber dia, melihat pengalaman penugasan perwira tinggi (pati) calon kapolri pada berbagai bidang profesi dan jabatan di kepolisian. "Oleh karena itu pertimbangan kepada Presiden Jokowi akan berpedoman Pasal 11 ayat (6) UU Nomor 2 tahun 2002," ujar Poengky.

    Pertimbangan calon kapolri akan diserahkan ke Presiden Jokowi sebelum Idham pensiun. Namun, Kompolnas belum mau memastikan waktu penyerahan daftar calon kapolri tersebut.

    "Mohon sabar ya," tutur Poengky.

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id