comscore

Pengadaan Posisi Wamen Disarankan Dikonsultasikan dengan DPR

Anggi Tondi Martaon - 06 Januari 2022 11:10 WIB
Pengadaan Posisi Wamen Disarankan Dikonsultasikan dengan DPR
Ilustrasi Medcom.id.
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) memiliki hak prerogatif dalam membuat jabatan wakil menteri (wamen). Namun, perubahan struktur tersebut disarankan dikonsultasikan dahulu dengan DPR.

"Meskipun tidak diatur secara terang Undang-undang, rencana perubahan struktur organisasi kementerian/lembaga, perlu dikonsultasikan ke masyarakat dan DPR," kata Wakil Ketua Komisi II DPR Luqman Hakim saat dihubungi, Kamis, 6 Januari 2022.
Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menilai konsultasi tersebut memberi ruang kepada DPR dan masyarakat memberikan masukan. Sehingga, perubahan struktur dengan pengadaan posisi wamen sesuai dengan kebutuhan.

"Dengan demikian, setiap keputusan presiden untuk mengubah struktur oganisasi kementerian akan mendapatkan legitimasi yang kuat dari masyarakat, tidak dianggap sekedar keputusan elitis dari presiden," kata dia.

Dia menyampaikan Kepala Negara telah mengubah berbagai peraturan presiden (perpres) untuk mengakomodasi jabatan wakil menteri. Dia mempertanyakan alasan pengubahan itu dilakukan.

Setidaknya ada beberapa alasan penambahan struktur jabatan wamen. Di antaranya, memperkuat kinerja masing-masing kementerian atau mengakomodasi politik untuk memperkokoh dukungan kepada Kepala Negara.

"Jika dukungan politik makin kuat kepada Presiden Jokowi di periode kedua ini, apakah ada rencana politik jangka panjang yang hendak dicapai Presiden Jokowi? Wallahu A'lam. Hanya Allah dan Pak Jokowi yang tahu," ujar dia.

Baca: Istana: Posisi Wakil Menteri Disiapkan untuk Hadapi Ketidakpastian

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengesahkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 114 Tahun 2021 tentang Kementerian Dalam Negeri. Dalam aturan tersebut, Kepala Negara menambah struktur baru, yaitu wakil menteri dalam negeri (wamendagri).

(JMS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id