comscore

Anggaran Logistik dan APD untuk Pemilu 2024 Rp20,6 Triliun

Anggi Tondi Martaon - 24 Mei 2022 17:19 WIB
Anggaran Logistik dan APD untuk Pemilu 2024 Rp20,6 Triliun
Ilustrasi. Medcom.id
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menyusun anggaran untuk pengadaan logistik Pemilu 2024 dan alat pelindung diri (APD). Total pengadaan kedua komponen tersebut mencapai Rp20,6 triliun.

"Anggaran logistik Pemilu 2024 Rp16 triliun atau 20,9 persen dari total anggaran Pemilu 2024 (Rp76,6 triliun)," ujar Ketua KPU Hasyim Asy'ari dalam rapat bersama Komite I DPD di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 24 Mei 2022.
Dia menyampaikan anggaran itu ditetapkan mengacu rincian kebutuhan logistik Pemilu 2024. Misalnya, transportasi yang lebih cepat karena waktu pengadaan, distribusi, dan pengelolaan logistik ditargetkan selama 90 hari.

Baca: Pemilu 2024, Gaji Petugas KPPS Bakal Naik 3 Kali Lipat

Kemudian, pengelolaan logistik membutuhkan tenaga yang lebih banyak. Hal ini juga berimplikasi terhadap kebutuhan biaya logistik.

Pertimbangan lainnya, waktu distribusi logistik yang bertepatan dengan musim hujan. Sehingga, distribusi membutuhkan transportasi khusus yang berimplikasi pada biaya lebih besar. 

Sedangkan, anggaran pengadaan APD untuk penyelenggaraan tahapan pemilu mencapai Rp4,6 triliun atau 6,07 persen dari total anggaran Pemilu 2024. Hasyim mengatakan APD tetap dibutuhkan sepanjang belum ada keputusan resmi dari pemerintah terkait status pandemi covid-19 di Tanah Air.

"Maka situasinya sebenarnya masih dalam situasi pandemi. Maka kami antisipasi," ujar dia.

(AGA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id