744 Perkara Terkait Pasal Karet Terjadi Sejak UU ITE Disahkan

    Anggi Tondi Martaon - 17 Februari 2021 14:46 WIB
    744 Perkara Terkait Pasal Karet Terjadi Sejak UU ITE Disahkan
    Ilustrasi Medcom.id.



    Jakarta: Undang-Undang (UU) Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) berdampak pada pelaporan kasus pencemaran nama baik. Tercatat ada 744 perkara yang berkaitan dengan Pasal 27 ayat 3 dan Pasal 28 ayat 2 sejak UU ITE disahkan pada 2016.

    "Sejak 2016 sampai dengan Februari 2020, untuk kasus-kasus dengan pasal 27, 28, dan 29 UU ITE menunjukkan penghukuman (conviction rate) mencapai 96,8 persen," kata anggota Komisi III Taufik Basari kepada Medcom.id, Rabu, 17 Februari 2021.




    Berdasarkan data Indonesian Journal of Chemical Research (IJCR), dari 744 kasus yang berkaitan dengan dua pasal UU ITE tersebut, tingkat pemenjaraan juga sangat tinggi. Tingkat pemenjaraan mencapai 676 perkara atau 88 persen.

    Taufik juga memaparkan laporan SAFEnet bahwa pasal karet digunakan untuk menyerang pihak yang kritis. Seperti, sektor perlindungan konsumen, anti korupsi, pro demokrasi, penyelamatan lingkungan.

    "Dan kebebasan informasi menjadi sasaran utama (pasal karet UU ITE)," kata dia.

    Baca: Revisi UU ITE Berpeluang Masuk Prolegnas Prioritas 2021

    Dia menyambut baik niat Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang ingin pasal karet di UU ITE dihapuskan. Sebab, sering disalahartikan oleh beberapa pihak.

    "Kritikan bisa dianggap menghina, bahkan bisa dianggap menyebar informasi dengan tujuan menimbulkan rasa kebencian" ujar dia.

    Sebelumnya, Presiden Jokowi menyoroti banyaknya pasal karet di UU ITE yang dapat merugikan masyarakat. Jokowi ingin undang-undang itu direvisi.

    "Kalau Undang-Undang ITE tidak bisa memberikan rasa keadilan, ya saya akan minta kepada DPR untuk bersama-sama merevisi Undang-Undang ITE ini karena di sinilah hulunya," kata Jokowi dikutip dari siaran di YouTube Sekretariat Presiden, Jakarta, Selasa, 16 Februari 2021.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id