Menkominfo Ingin Pemerintah dan Media Bisa Berdampingan di Ruang Digital

    Candra Yuri Nuralam - 19 Oktober 2021 23:42 WIB
    Menkominfo Ingin Pemerintah dan Media Bisa Berdampingan di Ruang Digital
    Menkominfo Johnny G Plate. Foto: Humas Kemenkominfo



    Jakarta: Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate ingin pemerintah dan media massa bisa berdampingan di ruang digital. Koeksistensi dengan pers di ruang digital dibutuhkan pemerintah.

    "Sesuai arahan Bapak Presiden (Joko Widodo) di mana pada saat Indonesia membangun infrastruktur secara besar-besaran, kita juga harus mampu memanfaatkan hilirisasi di ruang digital itu sendiri," kata Johhny melalui keterangan tertulis, Selasa, 19 Oktober 2021.

     



    Johnny mengatakan Kementerian Kominfo bekerja sama dengan Dewan Pers untuk menjaga koeksistensi tersebut. Kerja sama di ruang digital dengan media massa diharap bisa membuat informasi dari pemerintah diserap dengan baik oleh masyarakat.

    "Relasi dan hubungan bisnisnya harus dijaga agar koeksistensinya bisa berlangsung dengan baik supaya manfaat di ruang digital itu bisa dirasakan secara lebih berimbang," ujar Johnny.

    Baca: Dewan Pers Harap MK Tolak Judicial Review UU Pers

    Kerja sama ini juga dijamin bisa menjaga stabilitas ruang digital. Kepentingan pemerintah dalam memberikan informasi ke masyarakat dipastikan bisa berjalan mulus. 

    "Ini bertujuan untuk memastikan hilir atau downstream ruang digital bermanfaat untuk kepentingan negara dan masyarakat Indonesia," tutur politikus Partai NasDem itu.

    Johnny juga menyebut kerja sama ini amanat dari undang-undang. Pemerintah memang sudah seharusnya menjaga ruang digital dengan memperkuat kerja sama dengan media massa untuk informasi yang bersih ke masyarakat.

    "Saya mengapresiasi usulan ini karena salah satu sisi downstream ruang digital merupakan konvergensi industri media antara media-media konvensional dan media-media baru atau over the top," ucap Johnny.

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id