comscore

Presiden: Api Semangat Harus Terus Menyala

Andhika Prasetyo - 09 November 2021 21:33 WIB
Presiden: Api Semangat Harus Terus Menyala
Presiden Jokowi meresmikan Tugu Api Semangat Indonesia Merdeka Tidak Pernah Padam di Kementerian Pertahanan, Selasa, 9 November 2021. Foto: Istimewa
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan semangat bangsa harus terus menyala. Spirit ini dibutuhkan untuk menjaga Pancasila, persatuan, kerukunan, hingga memunculkan inovasi.

"Bung Karno ingin kita mewarisi apinya, bukan abunya, mewarisi semangat yang menyala-nyala, semangat untuk memperjuangkan kemerdekaan, semangat untuk mengisi kemerdekaan, dan semangat untuk membangun Indonesia maju," ujar Jokowi saat meresmikan Tugu Api Semangat Indonesia Merdeka Tidak Pernah Padam di Lapangan Bela Negara, Kementerian Pertahanan, Jakarta, Selasa, 9 November 2021. 

 



Menurut dia, keberadaan Tugu Api Semangat Indonesia Merdeka menjadi simbol sekaligus pengingat. Masyarakat Indonesia diharap terus bangkit dan bergerak maju, seperti keinginan pendiri bangsa Soekarno.

Jokowi menyebutkan sebagai bangsa dengan sejarah besar, masyarakat harus menunjukkan bila keberadaan Indonesia penting bagi dunia. Indonesia bisa banyak berbuat untuk kepentingan global.

Baca: Reshuffle Kabinet Disebut Mesti Berdasarkan Kebutuhan

Indonesia dianggap layak menjadi salah satu pemimpin dalam peta dinamika internasional. Untuk mencapai hal itu, Kepala Negara menyebut hanya ada satu kunci, yakni semangat perjuangan.

Selain Tugu Api Semangat Indonesia Merdeka, Patung Presiden Soekarno turut diresmikan. Hal ini untuk menghormati jasa Bung Karno sebagai perintis kemerdekaan Republik Indonesia. 

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menjelaskan patung itu menggambarkan Sang Proklamator menunggangi kuda dalam inspeksi pasukan Upacara Peringatan Hari Angkatan Perang, 5 Oktober 1946, di Yogyakarta. Patung ini menjadi simbol semangat rela berkorban demi kedaulatan negara.

"Kita harus membangun bangsa dan negara demi terwujudnya Indonesia yang berdaulat, adil, dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945," ucap Prabowo.

(OGI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id