GP NasDem Ajak Pemuda Donor Plasma Konvalesen

    Anggi Tondi Martaon - 10 Agustus 2021 21:50 WIB
    GP NasDem Ajak Pemuda Donor Plasma Konvalesen
    Both donor plasma konvalesen DPP GP NasDem/Istimewa.



    Jakarta: DPP Garda Pemuda (GP) NasDem mengajak para pemuda penyintas covid-19 mendonorkan plasma konvalesen. Setetes darah plasma konvalesen yang didonorkan bisa menyelamatkan nyawa orang lain.

    “GP NasDem sudah memulai dengan program Pemuda Siaga Pandemi Bersama Donor Plasma (PSP Berderma). Saya berharap program ini sebagai awal yang baik dan bisa diikuti oleh pemuda lainnya baik secara individu maupun para OKP (Organisasi Kepemudaan),” kata Sekjen DPP GP NasDem, Mohammad Haerul Amri (Aam), melalui keterangan tertulis, Selasa 10 Agustus 2021.

     



    Aam menyampaikan kebutuhan plasma konvalesen di Indonesia sangat tinggi sekali. Palang Merah Indonesia (PMI) menyebut kebutuhan dan stok plasma konvalesen tak seimbang.

    Baca: Lestari Moerdijat: Ubah Sikap Abai Menjadi Peduli pada Kesehatan

    “Sayangnya, gerakan donor plasma konvalesen ini masih minim sekali. Padahal, darah yang didonorkan akan sangat berarti bagi yang lain. Bahkan, setetes darah bisa menyelamatkan nyawa orang lain,” ungkap dia.

    DPP GP NasDem pun menginisiasi progran donor plasma konvalesen. Dia berharap penyintas covid-19 mengikuti program ini.
     
    “Alhamdulillah, di beberapa daerah berjalan dengan baik dan respons warga juga sangat luar luar bisa. Yang tertarik mendonorkan bukan hanya orang dewasa tapi juga ada milenial dan mahasiswa,” ungkap Aam.

    Data sementara yang didapatkan dari sejumlah daerah ada yang mendonorkan darah biasa sebanyak 83 orang. Sedangkan, jumlah pendonor plasma konvalesen mencapai 63 orang.

    Wakil Ketua Umum PP GP Ansor ini mengakui ada beberapa permasalahan di beberapa provinsi yang belum memiliki donor plasma konvalesen. Sejauh ini, di Indonesia baru ada 40 titik.

    "Yang banyak di Pulau Jawa, Banten. Bahkan, di Sulut baru ada satu tempat yakni di Manado," ujar dia.

    Sebelumnya, GP NasDem meluncurkan program Pemuda Siaga Pandemi Bersama Donor Plasma (PSP Berderma). Program ini dibuat untuk membantu pemerintah menangani Covid-19.

    Peluncuran dilakukan secara virtual oleh Ketua Umum GP NasDem, Prananda Surya Paloh, Sabtu, 17 Juli 2021. Peluncuran PSP Berderma ini bagian dari rangkaian peringatan 10 tahun GP NasDem. Sekaligus ulang tahun ke-70 Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh.

    Untuk merealisasikan program tersebut, DPP GP NasDem telah membentuk Satgas PSP Berderma dari mulai tingkat pusat hingga kabupaten/kota. Di tingkat pusat, ditunjuk Duwi Pratiwi yang merupakan Wasekjen DPP GP NasDem sebagai koordinator nasional


    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id