comscore

Prananda: Sumpah Pemuda Ajang Generasi Muda Bederma

Cahya Mulyana - 29 Oktober 2021 07:37 WIB
Prananda: Sumpah Pemuda Ajang Generasi Muda Bederma
Donor darah pengurus DPD GP NasDem Kabupaten Cirebon dalam rangka PSP Berderma II. Istimewa
Jakarta: Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Garda Pemuda (GP) NasDem menginstruksikan dewan pimpinan wilayah (DPW) menggelar Pemuda Siaga Pandemi Bersama Donor Darah dan Plasma (PSP Berderma) Jilid II untuk memperingati Sumpah Pemuda. Agenda ini kelanjutan PSP Berderma I pada peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76.

"Kami berharap momentum Hari Sumpah Pemuda tahun ini sebagai ajang untuk generasi muda dalam mengaktualisasikan dirinya, memberikan kontribusi nyata di bidang kemanusiaan, untuk bangsa dan masyarakat Indonesia yang masih berjuang untuk keluar dari pandemi covid-19,” ujar Ketua Umum Garda Pemuda NasDem, Prananda Surya Paloh, dalam keterangan tertulis, Jumat, 29 Oktober 2021.

 



Menurut dia, PSP Berderma bertujuan membantu Palang Merah Indonesia (PMI) dan masyarakat, khususnya yang memerlukan darah dan plasma. Pasalnya, sejak pandemi covid-19 melanda, jumlah donor darah turun signifikan, sedangkan kebutuhan darah tetap tinggi.

Ketersediaan donor plasma konvalesen juga hanya satu persen dari kebutuhan. Ketika penderita covid-19 di Indonesia sudah menurun, permintaan akan plasma konvalesen sejatinya masih ada.

Baca: Peringati Sumpah Pemuda, Jokowi Ingin Pemuda Ambil Bagian dalam Sejumlah Kepemimpinan

Prananda Surya Paloh mengatakan tiap DPW GP NasDem mempunyai cara sendiri mengajak masyarakat menjadi donor di kegiatan PSP Berderma II. Mereka dapat melibatkan generasi milenial dan Gen-Z serta bekerja sama dengan kelurahan membuat kegiatan donor darah.

Selain itu, DPW dapat berkolaborasi dengan organisasi kepemudaan dan komunitas untuk ikut berdonor. Mereka juga bisa menyiapkan paket sembako dan berbagai doorprize menarik untuk para donor.

“Generasi muda adalah generasi penerus bangsa di mana masa depan Indonesia ada di tangan mereka. Untuk itu, sudah selayaknya menjadikan momen Sumpah Pemuda ini spesial dengan menyukseskan PSP Berderma II di Indonesia,” ungkap anggota Komisi I DPR RI.

PSP Berderma II diselenggarakan di 30 provinsi di Indonesia. Pada PSP Berderma I, GP NasDem berhasil mengumpulkan 2.451 kantong darah merah dan 237 kantong plasma konvalesen dari 30 DPW yang tersebar di penjuru Indonesia.

Koordinator Nasional PSP Berderma, Duwi Pratiwi, menyebutkan pada PSP Berderma II, GP NasDem bisa melibatkan banyak masyarakat dan pemuda-pemudi untuk berpartisipasi. Warga diharap menjadi pahlawan bangsa dengan ikut menjadi donor darah atau plasma konvalesen.

“Dengan makin banyak peran serta masyarakat dalam melakukan kegiatan kemanusiaan ini, maka makin luas pula manfaat yang dapat diterima oleh mereka saudara-saudara kita yang membutuhkan donor darah dan plasma konvalesen ini,” jelas Duwi.

(OGI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id