Pemerintah Diminta Bangun Sistem Informasi Kesehatan

    Kautsar Widya Prabowo - 07 April 2020 21:05 WIB
    Pemerintah Diminta Bangun Sistem Informasi Kesehatan
    Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat. Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez.
    Jakarta: Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) meminta pemerintah membangun sistem informasi kesehatan terpadu. Sistem tersebut diharapkan dapat memberikan data yang akurat terkait kondisi kesehatan di Indonesia.

    "Bisa digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan di Tanah Air," ujar Rerie di Jakarta, Selasa, 7 April 2020.

    Politikus NasDem itu juga meminta pemerataan tenaga medis dan dokter di setiap daerah. Pemerintah dapat menggandeng asosiasi terkait untuk memetakan daerah yang kekurangan tenaga medis dan dokter.

    "Sehingga mampu menekan kesenjangan ketersediaan jumlah dokter dan tenaga medis di pusat dan daerah dalam penanganan wabah penyakit," tutur dia.

    Indonesia tengah di bayang-bayangi dua penyakit mematikan, pandemi korona (covid 19) dan demam berdarah dangue (DBD). Kasus positif virus korona di Tanah Air mencapai 2.738 orang hingga Selasa, 7 April 2020. Sebanyak 221 orang meninggal dan 204 orang sembuh.

    Sedangkan, kasus DBD tertinggi di Jawa Barat dengan 6.337 kasus, disusul Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan 4.524 kasus per Senin, 6 April 2020. Tercatat, 40.856 kasus se-Indonesia dengan 260 kematian. Korban jiwa paling tinggi di NTT dengan 48 kematian disusul Jawa Barat 33 kematian dan Jawa Timur 26 kematian.



    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id