Polisi Diminta Tak Segan Tembak Mati Bandar Narkoba

    Siti Yona Hukmana - 19 Februari 2020 16:09 WIB
    Polisi Diminta Tak Segan Tembak Mati Bandar Narkoba
    Ketua Komisi III DPR Herman Herry (kiri). Foto: Medcom/Siti Yona Hukmana
    Jakarta: Ketua Komisi III DPR Herman Herry meminta polisi tak segan menembak mati bandar narkoba. Ia tak ingin hukuman bagi penyedia barang haram itu hanya pidana kurungan.

    "Saya usulkan penindakan terukur dan komprehensif, jadi tidak hanya melakukan penindakan-penindakan sporadis tetapi kapan pun di mana pun jika diperlukan penindakan tegas lakukan," kata Herman di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu, 19 Februari 2020. 

    Herman mengatakan penindakan tegas barang tentu harus tetap sesuai standar operasional prosedur (SOP), termasuk bila memutuskan menembak mati bandar. Dia memastikan dewan mendukung dan menyetujui bentuk ketegasan penindakan kepolisian dalam rangka memutus mata rantai narkoba.

    "Soal tembak mati, jika hal itu dilakukan dan dianggap perlu oleh penegak hukum, lakukan itu penindakan tegas," ujar dia.

    Polisi Diminta Tak Segan Tembak Mati Bandar Narkoba
    Polri memusnahkan barang bukti narkoba. Foto: Medcom/Siti Yona Hukmana

    Polri memusnahkan barang bukti narkoba hasil pengungkapan kasus sejak Januari 2020. Rinciannya, 1,3 ton ganja, yang sebagian besar didapat dari lima hektare ladang ganja di Desa Banjar Lancat, Mandailing Natal, Sumatra Utara. Kemudian, 288 kilogram sabu, 4.888 butir ekstasi, 1.485 butir psikotropika jenis eximer, dan 349 butir tramadol. 

    Pemusnahan dilakukan dengan cara dimasukkan ke mesin penghancur. Herman menghadiri kegiatan pemusnahan barang bukti narkotika senilai Rp1 triliun di Mapolda Metro Jaya. 

    Kegiatan itu juga dihadiri Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo, Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana dan sejumlah pejabat tinggi kepolisian.



    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id