Luhut Jadi Menteri Kemaritiman dan Investasi

    Desi Angriani - 22 Oktober 2019 22:05 WIB
    Luhut Jadi Menteri Kemaritiman dan Investasi
    Luhut Binsar Pandjaitan kembali diberi tugas untuk membawahi Kementerian Maritim dan Investasi. Foto: Medcom.id/Desi Angriani.
    Jakarta: Luhut Binsar Pandjaitan diberi tugas membawahi Kementerian bidang Kemaritiman dan Investasi. Ada perubahan nomenklatur dari kementerian yang dipimpin Luhut di periode kedua ini.

    "Jadi nanti menangani mengenai maritim dan investasi," kata Luhut seusai menghadap Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, 22 Oktober 2019.

    Luhut menuturkan kementeriannya ke depan mendapat tugas tambahan, yakni menyelesaikan masalah terkait investasi di industri petrokimia. Kemudian penggunaan biodiesel B30 demi mengurangi impor migas.

    "Beliau memberikan arahan-arahan untuk penyelesaian masalah investasi, untuk petrochemical, juga B20 dan B30," tuturnya.

    Impor migas, lanjutnya, masih mencapai Rp300 triliun. Namun sejak pemanfaatan B20, impor migas tercatat turun 20 persen.

    "Dan kalau kita setia terhadap program B30 dalam dua hingga tiga tahun ke depan, saya pikir kita akan kurangi sangat signifikan impor energi dari luar," terang Luhut.

    Namun demikian, mantan Menkopolhukam ini enggan menjabarkan terkait perubahan nomenklatur di Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman. Ia menunggu pengumuman kabinet kerja jilid II pada Rabu pagi, 22 Oktober 2019.

    "Biar Pak Presiden yang umumkan. Saya hanya beritahu sebatas yang saya di-brief Presiden," pungkas dia.

    Sebelum diminta menangani Kementerian Kemaritiman dan Investasi di periode kedua, Luhut menjadi Menteri Koordinator bidang Kemaritiman menggantikan Rizal Ramli. Luhut juga pernah menjabat Menkopolhukam serta Kepala Staf Presiden.



    (HUS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id