Kabinet Jokowi Diminta Menjawab Tantangan Ekonomi Global

    Medcom - 09 November 2019 00:51 WIB
    Kabinet Jokowi Diminta Menjawab Tantangan Ekonomi Global
    Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin bersama menteri Kabinet Indonesia Maju duduk di tangga Istana Merdeka, Jakarta. MI/Ramdani.
    Jakarta: Kabinet Indonesia Maju punya pekerjaan besar dalam menghadapi kondisi ekonomi global. Direktur Eksekutif Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Enny Sri Hartati mengatakan harus ada kerja total dari tim ekonomi di kabinet Indonesia Maju.

    "Mandat yang sudah diberikan harus dilakukan sebaik-baiknya. Karena tantangan kedepan semakin berat, contohnya kondisi ekonomi global yang semakin berat," ujar Enny di Jakarta, Jumat, 8 November 2019.

    Menurut dia, pertumbuhan ekonomi kuartal 3 sebesar 5,02 persen menunjukkan adanya perlambatan. Dia memprediksi target pertumbuhan ekonomi 2019 di angka 5,2 persen akan berat untuk dicapai. 

    Sementara, pekerjaan rumah lain seperti mengentaskan kemiskinan juga perlu dituntaskan. Enny melihat tim ekonomi yang dipimpin Menko Perekonomian Airlangga Hartarto akan menghadapi pekerjaan yang cukup berat.

    "Apalagi, Pak Menko ini maju sebagai calon ketum Partai Golkar," kata dia.

    Dia bilang, tantangan ekonomi ke depan tak bisa diremehkan. Pada periode pertama, Enny mengkritisi kinerja Airlangga yang dianggap tak terlalu maksimal.

    Enny melihat Airlangga harus all out mengurus tim ekonomi. Perlu ada sinergisitas yang total antar kementerian yang menggawangi bidang ekonomi. "Harusnya bisa lebih fokus, tidak ada rangkap jabatan," ujar Enny.



    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id