PKS Ingin RKUHP Disahkan

    M Sholahadhin Azhar - 26 September 2019 15:22 WIB
    PKS Ingin RKUHP Disahkan
    Anggota DPR Al Muzzamil Yusuf (kiri). Foto: MI/Mohamad Irfan
    Jakarta: Anggota DPR Fraksi PKS Al Muzzamil Yusuf meminta revisi Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) segera disahkan oleh anggota Dewan periode 2014-2019. Pengesahan bisa dilakukan dengan membuang pasal soal penghinaan presiden.

    "RUU KUHP yang sudah dibahas dengan DPR dan pemerintah seluruh fraksi kita sahkan periode ini," kata Muzzamil saat rapat paripurna di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, 26 September 2019.

    Menurut dia, pengesahan ini bagian dari suksesnya reformasi hukum di Indonesia. Termasuk dalam mengakhiri penjajahan asing dalam bentuk perundang-undangan.

    "Untuk memiliki KUHP karya anak bangsa yang sesuai dengan moralitas bangsa, norma Pancasila, dan konstitusi negara kita," beber dia.

    Muzzamil menilai Pasal 217 dan Pasal 220 tentang penyerangan kehormatan dan hak martabat presiden dan wakil presiden bisa dicabut. Mahkamah Konstitusi juga sudah mengeluarkan putusan No 13/2006 dan No 6/2007, yang mencabut Pasal 134, 136, 137, 154, dan 155 KUHP terkait materi serupa.

    Dia menyadur pertimbangan MK dalam putusan itu. Pasal tersebut dicabut karena menimbulkan ketidakpastian hukum akibat multitafsir. Pasal tersebut juga memberangus kebebasan pers bila mengkritik presiden dan wakil presiden dianggap menghina.

    "Padahal presiden (dan) wakil presiden telah mendapatkan hak prerogatifnya yang luas sebagai pemerintah, harusnya siap dikoreksi oleh warganya," kata dia.

    Muzzamil menyebut indeks demokrasi di Indonesia menurun. Pada 2017-2018, hak politik turun 0,84 poin, dan hak sipil turun 0,29 poin. "Ini adalah indikasi dari melemahnya nilai demokrasi Indonesia," kata dia.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id