Jokowi Lantik Bahlil Sebagai Menteri Investasi dan Nadiem Jadi Mendikbud-Ristek

    Nur Azizah - 28 April 2021 15:37 WIB
    Jokowi Lantik Bahlil Sebagai Menteri Investasi dan Nadiem Jadi Mendikbud-Ristek
    Kabinet Indonesia Maju. Foto: MI/Ramdani



    Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Investasi, sedangkan Nadiem Makarim menjadi Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Keduanya dilantik berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) 72P Tahun 2021 tentang Pengangkatan Menteri Kabinet Indonesia Maju Sisa Masa Jabatan 2019-2024.

    Pelantikan di Istana Negara, Jakarta Pusat, itu digelar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Dalam kesempatan tersebut, Jokowi mengambil sumpah terhadap Bahlil dan Nadiem.






    "Demi Allah saya bersumpah akan setia pada UUD 1945 dan akan menjalankan peraturan perundang-undangan dengan selurus-selurusnya demi darmabakti kepada negara," ucap Bahlil dan Nadiem mengikuti perkataan Jokowi di Istana Negara, Rabu, 28 April 2021.

    Baca: Dikabarkan Bakal Pimpin BRIN, Ini Jawaban Kepala LIPI

    Mereka berjanji akan bekerja sebaik-baiknya dan bertanggung jawab. Keduanya bersumpah akan menjunjung tinggi etika jabatan.

    Bahlil sebelumnya menjabat sebagai kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Ia mengemban jabatan tersebut mulai 23 Oktober 2019. Bahlil memiliki latar belakang sebagai penguasaha. Ia memiliki 10 perusahaan di berbagai bidang dengan induk PT Rifa Capital Holding Company. 

    Pria kelahiran 7 Agustus 1976 tersebut juga pernah menjabat sebagai ketua umum Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI) periode 2015–2019. Di dunia politik, ia pernah bergabung sebagai kader Golkar, tetapi keluar pada 2009. 

    Bahlil tumbuh besar di Papua. Ia mendapatkan gelar sarjana dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Port Numbay, Jayapura, Papua. Ayah Bahlil bekerja sebagai kuli bangunan, sedangkan ibu tukang cuci. Ia telah diasah hidup mandiri dengan menjadi sopir angkot, menjual koran, hingga buka usaha sendiri.

    Sementara itu, Nadiem sebelumnya menteri pendidikan dan kebudayaan. Kemendikbud kemudian dilebur dengan Kementerian Riset dan Teknologi. Nadiem dikenal sebagai pendiri aplikasi ojek daring Gojek.

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id