Euforia Vaksin Jangan Membuat Protokol Kesehatan Jadi Ambyar

    Kautsar Widya Prabowo - 16 November 2020 02:55 WIB
    Euforia Vaksin Jangan Membuat Protokol Kesehatan Jadi Ambyar
    Ilustrasi: Medcom.id
    Jakarta: Pemerintah diminta terus mengedukasi masyarakat terkait vaksin virus korona (covid-19) secara baik dan jelas. Hal ini harus dilakukan untuk mencegah kesalahpahaman di tengah masyarakat.

    "Antisipasi terjadinya euforia. Jangan sampai kampanye (ada) vaksin massal membuat  penerapan protokol kesehatan jadi ambyar," ujar anggota Komisi IX DPR Netty Prasetiyani Aher dalam keterangan tertulis, Minggu, 15 November 2020. 

    Baca: Keberhasilan Vaksin Covid-19 Jadi Kunci Pemulihan Ekonomi dari Resesi

    Menurut dia, penolakan terhadap vaksin harus dicegah sedini mungkin. Pasalnya, beberapa masyarakat telah menunjukkan gelagat emoh diimunisasi. Tidak jarang, mereka meminta anggota DPR menjajal vaksin tersebut lebih dulu. 

    "(Penolakan vaksin) karena informasi tentang keamanan, efek samping, uji klinis, dan kehalalan vaksin tidak disampaikan dengan baik kepada masyarakat," tutur dia.

    Selain itu, politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menilai skala prioritas penerima vaksin harus diperjelas. Pasalnya, ada kelompok yang digratiskan dan kelompok yang harus membayar untuk divaksinasi. 

    Netty juga mengingatkan pemerintah menerapkan prinsip transparan dalam menggunakan anggaran penanganan covid-19. Dana ini amanat rakyat yang harus dikelola secara akuntabel.

    "Pemerintah harus menjelaskan jenis vaksin apa yang dibeli, berapa harganya, dan berapa yang harus dibayar masyarakat untuk mendapatkan vaksin," kata Netty. 

    Pada dasarnya, kata dia, pengadaan vaksin covid-19 bertujuan melindungi dan menyelamatkan rakyat dari pandemi. Untuk itu, anggaran vaksin  harus dilaporkan secara reguler kepada publik. 

     "Jadi perlu dipastikan tidak ada oknum yang memanfaatkan kesempatan di dalam kesempitan dengan menjadikannya sebagai proyek untuk kepentingan kelompok tertentu," terang Netty.

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id