Tok! Revisi UU ITE Hingga Pemasyarakatan Masuk Prolegnas Prioritas 2021

    Fachri Audhia Hafiez - 15 September 2021 16:37 WIB
    Tok! Revisi UU ITE Hingga Pemasyarakatan Masuk Prolegnas Prioritas 2021
    Badan Legislasi (Baleg) DPR menetapkan tiga revisi undang-undang (UU) masuk Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas 2021. Medcom.id/Fachri



    Jakarta: Badan Legislasi (Baleg) DPR menetapkan tiga revisi undang-undang (UU) masuk Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas 2021. Ketiga peraturan tersebut, yakni revisi UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), revisi Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP), dan revisi UU Pemasyarakatan (PAS).

    "Kami menyepakati bersama pemerintah bahwa tiga usulan pemerintah terkait rancangan undang-undang yang baru," kata Ketua Baleg Supratman Andi Agtas saat rapat kerja dengan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly serta DPD di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 15 September 2021.

     



    Revisi KUHP dan UU PAS disebut masuk status carry over. Sedangkan, perubahan UU ITE menjadi usulan baru dalam Prolegnas Prioritas 2021.

    Baleg juga menyetujui revisi UU Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK). Revisi beleid itu merupakan usulan DPR.

    Keputusan itu disetujui setelah Baleg mendengar pendapat dan masukkan dari pemerintah, DPD, serta ketua kelompok fraksi (Kapoksi). Persetujuan diambil Yasonna serta anggota Baleg dan DPD dalam rapat.

    "Jadi memang, setelah tadi mencermati waktu dan pembicaraan, kami sepakat apa yang tadi disampaikan oleh pimpinan," ucap Yasonna.

    Baca: Kemenko Polhukam Serahkan Tindak Lanjut Revisi UU ITE ke Kemenkumham

    Sebelumnya, terdapat usulan perubahan terhadap lima UU yang masuk Prolegnas Prioritas 2021. Kelima UU itu adalah Rancangan UU Perampasan Aset, serta revisi UU ITE, revisi UU KUHP, revisi UU Pemasyarakatan, dan revisi UU BPK.

    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id