Softbank Tertarik Konsep Ibu Kota Baru

    Damar Iradat - 10 Januari 2020 13:46 WIB
    Softbank Tertarik Konsep Ibu Kota Baru
    Desain bertema 'Nagara Rimba Rusa' menjadi pemenang pertama sayembara desain ibu kota negara baru. Foto: Medcom.id/Candra Yuri Nuralam
    Jakarta: Presiden SoftBank Masayoshi Son tertarik menyuntikan modal dalam proyek pemindahan ibu kota baru. Softbank tertarik dengan konsep kota pintar yang bakal diusung pemerintah.

    "Konsep kota pintar dengan teknologi terbaru, kota hijau, dan juga pengembangan AI. Itu yang aku tertarik untuk dukung," kata Masyoshi usai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat, 10 Januari 2020.

    Masayoshi mengaku belum membahas jumlah dana yang bakal disuntikan Softbank dalam proyek pemindahan ibu kota. Softbank akan mendiskusikan hal itu dengan pemerintah.

    Dalam pertemuan dengan Jokowi, Masayoshi menyampaikan ketertarikannya. Ia ingin mengetahui konsep ibu kota baru secara rinci. Presiden Jokowi menyambut ketertarikan Softbank.

    Kepala Negara menjelaskan alasan pemindahan ibu kota. Jokowi juga menyebut lahan ibu kota di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, lebih luas dari Jakarta. Luas lahan ibu kota baru mencapai 256 ribu hektare, sedangkan Jakarta seluas 66 ribu hektare.

    Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut Softbank ingin berinvestasi dalam pembangunan ibu kota baru di Kalimantan Timur. Menurut dia, nilai investasi SoftBank mencapai USD100 miliar (setara Rp1.400 triliun).

    "Dia mau investasi sampai USD100 miliar. Bagi saya ini too good to be true. Tapi semua sudah jalan dan kita lihat, tim sudah bekerja dan saya katakan ke dia saya minta hanya USD25 miliar saja, itu sudah lebih dari cukup untuk lima tahun ke depan," katanya dikutip dari Antara, Selasa, 7 Januari 2020.





    (DRI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id