Tito Terima Surat Rekomendasi Kemenag soal FPI

    Media Indonesia - 25 November 2019 16:21 WIB
    Tito Terima Surat Rekomendasi Kemenag soal FPI
    Mendagri Tito Karnavian dan dua pimpinan KPK Alexander Marwata dan Saut Situmorang. Foto: Medcom.id/M Sholahadhin Azhar
    Jakarta: Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian telah menerima surat rekomendasi dari Kementerian Agama (Kemenag) soal nasib Front Pembela Islam (FPI). Namun, dia enggak memberi tahu isi detail surat itu.

    "Masih dikaji," kata Tito saat ditemui usai memberikan penghargaan bagi organisasi masyarakat (ormas) terbaik dalam Ormas Award 2019 di Hotel Kartika Chandra, Senin, 25 November 2019.

    Surat rekomendasi dibutuhkan sebagai salah satu syarat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk memperpanjang Surat Keterangan Terdaftar (SKT) organisasi masyarakat FPI. SKT FPI habis masa berlakunya sejak Kamis, 20 Juni 2019.

    Tito mengungkapkan perkara ini juga masih dibahas di Kementerian Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam). Ia memilih untuk menunda memberi keterangan sebelum pertemuan dengan Menko Polhukam Mahfud MD.

    "Nanti biarlah yang berkomen setelah Menko Polhukam nanti mengumpulkan instansi terkait, beliau nanti yang menjelaskan," jelas dia.

    Sementara itu, Menteri Agama Fachrul Razi menegaskan tak akan memberikan rekomendasi perpanjangan SKT ormas FPI. Fachrul tak setuju dengan paham khilafah yang disinggung dalam AD/ART FPI.
     
    Fachrul tak hanya bicara tentang FPI. Syarat itu juga berlaku kepada seluruh ormas yang ada di Indonesia. Pemerintah tak ingin ada ormas yang mengusung paham yang melenceng dari Pancasila.

    "Kita enggak sebut satu persatu dong. Kita secara umum saja. Kita merekomendasi secara umum," kata Fachrul, Kamis, 31 Oktober 2019. (Abdillah Muhammad Marzuqi)





    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id